Kisah Inspiratif Anwar Sadad: Selangkah Raih Gelar Doktor di Tengah Kesibukan Sebagai Wakil Rakyat

303
Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad berfoto bersama para penguji desertasinya yang berjudul Geneologi Politik Islam Indonesia Perspektif Maqasid al-Syariah (Telaah Produk Kebijakan Pemprov Jawa Timur). Foto : Dokumen Pribadi

Surabaya (WartaBromo.com) – Wakil Ketua DPRD Jawa Timur yang juga Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Genealogi Politik Islam Indonesia Perspektif Maqasid al-Syariah (Telaah Produk Kebijakan Pemprov Jawa Timur) di hadapan para guru besar dalam Sidang Ujian Tertutup di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Rabu (5/4/2023). Jika berhasil, Sadad Selangkah lagi akan memperoleh gelar doktor.

Anwar Sadad adalah alumni Fakultas Ushuluddin UINSA Surabaya dan mengaku angkatan 2016 di Pascasarjana UINSA untuk Program Doktor.

Dalam disertasinya, Sadad meneliti produk kebijakan Pemprov Jawa Timur dari sudut pandang maqasid al-syariah (tujuan dasar dari syariat). Meskipun ia tidak menjelaskan secara rinci kesimpulan dari penelitiannya, Sadad menyatakan bahwa secara konseptual disertasinya menyuguhkan pemikiran-pemikiran syariat substantif.

Baca Juga :   Buta Terburuk adalah Buta Politik, Yuk Ikutan Tadarus Politik!

“Syariat itu tak bisa dilihat secara simbolik semata,” ujarnya.

Sadad mengaku kesulitan mengkompromikan waktu antara kuliah dengan tugasnya sebagai wakil rakyat. Ia mengatakan bahwa kesibukannya sebagai politikus di Gerindra dan pimpinan DPRD Jatim membuatnya harus menyelesaikan disertasinya selama beberapa tahun. Namun, Sadad berhasil menyelesaikan disertasinya pada tahun ini, yaitu tahun terakhir yang ia miliki untuk menyelesaikan program doktor di Pascasarjana UINSA.

“Ini tahun terakhir saya harus selesai. Saya angkatan tahun 2016, jika tidak selesai semester ini, nama dianggap dropout,” ucapnya.

Ia juga mengaku pernah mengalami kesulitan saat harus menghadiri agenda masyarakat di luar kota yang bertepatan dengan jadwal presentasi paper. Akibatnya, ia harus mengulang semester tersebut.

Baca Juga :   Tadarus Politik Milenial di Probolinggo, Anwar Sadad : Anak Muda Pelaku Politik Masa Depan

Akun Instagram Pascasarjana UINSA @pascasarjana.uinsa.official mengucapkan selamat atas berhasilnya Sadad dalam mempertahankan disertasinya tersebut.

Congratulation to Anwar Sadad on Succesful closed defense! He has succesfully defended his disertation Geneologi Politik Islam Indonesia Perspektif Maqasid al-Syari’ah (Telaah Produk Kebijakan Pemprov Jawa Timur),”

Dalam foto-foto yang diunggah, Sadad terlihat serius saat mempertahankan argumentasi akademiknya di hadapan para penguji antara lain Hammis Syafaq, Rofhani, Masdar Hilmy, Sanuri, Syamsul Arifin, Ahmad Nur Fuad, dan Khoirul Yahya. (yog/yog)