Gak Perlu Repot, Pantau Arus Mudik Cukup Lewat Link dan Aplikasi Ini

225
Kondisi ruas jalan tol Gempol-Pasuruan yang terpantau dari CCTV.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dapat memantau arus mudik Lebaran 2023 melalui live CCTV yang disediakan oleh pemerintah melalui berbagai laman atau aplikasi.

Beberapa penyedia live CCTV adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebagai contoh di laman bpjt.pu.go.id para pemudik bisa memantau keadaan tol yang hendak dituju. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi awal keadaan ruas tol saat hendak malakukan perjalanan.

Caranya cukup mudah, yakni dengan memilih menu “CCTV Jalan Tol Indonesia” pada laman bpjt.pu.go.id. Selanjutnya klik “Selengkapnya” lalu tinggal pilih CCTV ruas tol yang ingin dipantau.

Syahrul Huda, warga Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan ini mengaku banyak dibantu dengan adanya penyedia live CCTV ruas tol tersebut.

“Dengan itu kita bisa mengantisipasi jika terjadi kemacetan di ruas tol yang hendak kita tuju,” ungkap Huda yang akan melakukan perjalanan mudik ke Malang, Selasa (18/4/2023).

Masyarakat juga bisa melakukan pemantauan melalui beberapa aplikasi lain yang berisi informasi seputar jalan tol Indonesia dengan sistem realtime. Seperti aplikasi Travoy yang diciptakan Jasa Marga. (lio/asd)