20 Ribu Pemudik Tinggalkan Jawa Timur

155

Pasuruan (WartaBromo.com) – Diperkirakan sebanyak 20 ribu warga Jawa Timur mudik ke luar Jawa Timur. Hal ini disampaikan Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan saat mendatangi pos pelayanan mudik Polres Pasuruan Kota, Kamis (20/04/2023).

Yusep menjelaskan, sejauh ini, secara umum arus mudik di Jawa Timur tergolong lancar dan kondusif. Belum ada catatan kepadatan atau kemacetan yang cukup parah.

Ia menyebut pemerintah telah melakukan persiapan di terminal, bandara, dan pelabuhan. Di terminal, misalnya, tersediah 1.700 unit bus AKAP dan 2.100 bus AKDP.

Dilihat dari angka statistik di terminal, bandara, dan pelabuhan, masyarakat sudah mulai mudik lebaran sejak tanggal 16 April 2023 kemarin.

Baca Juga :   Jalan Besar di Kota Probolinggo Mulai Macet

“Di Terminal Bungurasih, sampai kemarin tercatat 20.000 orang mudik meninggalkan Jawa Timur dan yang datang ke Jawa Timur 17.000 orang,” ujar Yusep.

Polda Jatim, kata Yusep, terus melakukan pemantauan jalur mudik. Di sejumlah ruas jalan tol dan jalur pantura Jawa Timur, arus mudik masih terpantau lancar.

Ditlantas Polda Jatim memprediksi puncak mudik sudah terjadi pada Rabu (19/04/2023) malam tadi. Meski merupakan puncak arus mudik, volume lalu lintas masih di angka yang relatif stabil.

“Kota Pasuruan ini juga akan menjadi salah satu sasaran wisata pasca hari raya. Apalagi kata Bapak Wali Kota, ada peningkatan kunjungan hampir 200 persen,” imbuh Yusep. (tof/yog)