Keren! Warga Kampung Ini Rayakan Hari Raya dengan Sembelih Sapi Hasil Urunan Tiap Minggu

275
Warga Dusun Gondanglegi Desa Dawuhan Sengon bergotong royong menyembelih sapi hasil urunan untuk persiapan hari raya idul Fitri 1444 H, Kamis (20/4/2023) siang.

Purwodadi (WartaBromo.com) – Warga RT 8 RW 7 Dusun Gondanglegi Desa Dawuhan Sengon Kecamatan Purwodadi menyambut datangnya Hari Raya 1444 Hijriah tahun ini dengan suka cita. Pasalnya berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini warga setempat merayakannya dengan menyembelih sapi dan membagikan dagingnya secara merata kepada warga.

Penyembelihan sapi ini merupakan hasil urunan oleh 37 warga setempat setiap minggunya bersamaan dengan rutinan pembacaan Yasin dan Tahlil. Kegiatan itu pun sudah dilakukan selama hampir 47 Minggu dan baru saja dilakukan penyembelihan sapi pada Kamis (20/4/2023) siang.

Menurut Rahmat, salah seorang warga setempat, ide untuk membeli sapi ini muncul agar saat menjelang hari raya Idul Fitri, warga bisa berkumpul dan menikmati makan daging sapi bersama-sama.

Baca Juga :   Sapi Madura Mulai "Serbu" Probolinggo

“Kami ingin mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kebersamaan di antara kami. Jadi, setiap minggu kami melakukan urunan sebesar Rp. 10 ribu, dan hasilnya kami gunakan untuk membeli seekor sapi seharga Rp. 17 jutaan,” jelas Rahmat.

Saat hari pembelian sapi dan penyembelihannya tiba, warga Dusun Gondanglegi sangat senang dan gembira. Mereka bergotong-royong mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk proses penyembelihan sapi dan pembagian daging sapi kepada 37 warga.

“Ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua warga di dusun ini. Kami sangat bahagia bisa merayakan hari raya Idul Fitri bersama-sama dengan daging sapi hasil urunan kami,” ujar Rahmat dengan senyum lebar.

Baca Juga :   Ini Daftar Tarif Tol Selama Lebaran 2023

Kegiatan urunan untuk membeli sapi dan penyembelihannya ini menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan di antara mereka. (yog/yog)