Jelang Idul Kurban, Salon Samsi Mulai Ramai Didatangi Kambing untuk Perawatan

192

Pohjentrek (WartaBromo.com) – Mempercantik diri tak hanya dilakukan oleh manusia. Di Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan ada salon khusus treatment bagi kambing jelang idul kurban.

Seperti yang dilakukan oleh Samsi (31), pria asal warga Dusun Penulupan, Desa Parasrejo ini memanfaatkan momen menjelang Hari Raya Idul adha untuk melakukan perawatan atau jasa salon kambing. Bahkan, hampir setiap hari banyak warga yang mendatanginya hanya untuk melalukan perawatan kambing.

“Banyak mas yang tanya, seperti melakukan perawatan kambing, atau yang sakit-sakit itu. Nanti biasanya saya kasih tahu caranya,” kata Samsi, Sabtu (10/6/2023).

Pria yang memiliki satu anak ini setiap harinya disibukkan dengan merawat kambing. Puluhan ekor kambing yang berada di kandang miliknya itu selalu dibersihkan dan diberikan vitamin untuk menunjang kesehatan.

Baca Juga :   Jelang Idul Adha, Hewan Kurban Mulai Diburu

Ada beberapa cara untuk melalukan perawatan kambing agar tetap terlihat bersih, sehat dan siap untuk dijual. Salah satunya yakni, memandikan kambing dengan sabun dan sampo agar bulu terlihat bersih.

Selain itu, pemberian vitamin rutin juga diberikan untuk menambah nafsu makan. Beberapa tretemen khusus itu dilakukan agar nilai jual hewan kurban tetap tinggi.

“Dimandikan, ini pakai sabun dan sampo. Tak lupa juga pemberian vitamin secara rutin,” tuturnya.

Samsi juga menyebut jika penjualan kambing miliknya ini mengalami peningkatan menjelang idul adha. Setiap ada pasar kurban, ia selalu datang dan menjual kambing miliknya di Pasar Ranggeh, Kabupaten Pasuruan.

“Bisa laku sampe 50 hingga 60 ekor kambing. Ada yang pesan sebulan hingga dua bulan sebelum hari raya kurban,” imbuhnya.

Baca Juga :   Berkah Idul Adha, Rejeki Peternak Sapi Melimpah

Untuk harga kambing yang dijualnya bervariasi, antara Rp3juta hingga Rp6 juta. Tergantung ukuran dan jenis kambingnya. (don/yog)