Hati-hati! Kualitas Udara di Bangil Tidak Sehat Hari Ini

375

Bangil (WartaBromo.com) – Hari ini, indeks kualitas udara (AQI) di Bangil berada di angka 140. Angka ini menunjukkan jika kualitas udara di Bangil tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Data ini dilansir dari IQAir pada Senin (12/06/2023) pukul 09.00 WIB. Warna keterangan yaitu orange yang berarti tidak sehat bagi kelompok sensitif. Sementara konsentrasi PM2.5 berada di level 51.5µg/m³.

“Konsentrasi PM2.5 (polutan utama) di Bangil saat ini 10.3 kali nilai panduan kualitas udara tahun WHO,” kutipan laporan oleh IQ Air.

Untuk itu, warga yang memiliki kesensitifan terhadap polusi udara, sebaiknya memakai masker di luar ruangan. Kemudian warga juga diimbau untuk mengurangi aktivitas outdoor.

Baca Juga :   Heboh Warga Plososari Temukan Bayi Laki-Laki di Ladang Tebu

“Tutup jendela Anda untuk menghindari udara luar yang kotor. Nyalakan penyaring udara,” tambah IQAir.

Saat ini berdasarkan rangking kota AQI secara langsung, Bangil berada di urutan 8 dengan kualitas udara buruk di Indonesia. Keterangannya tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan disertai warna orange.

Adapun warna lain berturut-turut yaitu hijau berarti baik, kuning berarti sedang, merah berarti tidak sehat, ungu berarti sangat tidak sehat. Terakhir adalah hitam yang berarti berbahaya. (may/asd)