Heboh Fenomena ‘Dust Devil’ di Lautan Pasir Bromo, Begini Penjelasan TNBTS

238

Sukapura (WartaBromo.com) – Jagad maya kembali heboh. Kali ini beredar video terjadinya pusaran angin di area Laut Pasir Bromo. Masyarakat setempat biasa menyebutnya ‘dust devil’.

Video tersebut berdurasi satu menit 25 detik di Tiktok. Video pusaran angin atau dust devil yang diunggah akun @yoniastuti di tiktok itupun mendapat respons luar biasa.

Dalam rekaman video, nampak angin berputar-putar menerbangkan pasir dan debu.

Sementara beberapa orang yang berada di dekat pusaran angin pun memilih untuk diam sejenak. Sembari menutupi mata dan mulut guna mengindari debu yang beterbangan.

Berdasarkan penjelasan dari BB TNBTS, fenomena itu merupakan salah satu hal biasa terjadi di kawasan laut pasir Bromo.

“Biasa terjadi saat musim panas, bentuknya seperti pusaran angin yang terbentuk saat hari sedang panas dan kering. Membawa debu dan pasir dengan ukuran kecil,” jelas Humas TNBTS, Hendra, Rabu (28/06/2023).

Masih menurut Hendra, fenomena itu tidak berbahaya. “Namun disarankan untuk menghindarinya atau menjauh, jika melihat ada tanda-tandanya,” imbuhnya.

Tetapi jika terlanjur berada sangat dekat dengan pusaran angin itu, disarankan untuk diam sejenak. Sembari menutup mata dan melindungi hidung atau saluran pernapasan. Sampai pusaran angin hilang. (lai/asd)