Cara Menumbuhkan Kecerdasan Emosional pada Anak, Ortu Wajib Catat!

78

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kemampuan intelektual atau IQ pada anak sering kali menjadi perhatian para orangtua. Sebab, topik IQ sering kali dibicarakan orang tua karena anak yang memiliki nilai IQ tinggi dianggap memiliki kemungkinan prestasi belajar yang lebih baik.

Namun, Bolo harus tahu bahwa tidak hanya IQ saja yang terpenting. Kecerdasan Emosional atau EQ juga penting diajarkan kepada anak, apalagi sejak usia dini. Lantas, bagaimana cara orangtua menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak?

Nah, jangan lupa simak dan catat cara menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak, dilansir dari berbagai sumber:

1. Hargai Perasaan Anak

Hal terpenting bagi orang tua adalah jangan pernah mengabaikan perasaan anak, karena dengan begitu seorang anak akan bisa menerimanya perasaanya dan memahami apa yang dirasakan adalah sesuatu yang wajar.

2. Ajarkan Empati dan Kerjasama pada Anak

Selanjutnya hal perlu Bolo lakukan adalah meajarkan anak-anak tentang pentingnya memahami dan merasakan emosi orang lain.

Berikan contoh-contoh nyata tentang situasi di mana mereka dapat mempraktikkan empati, seperti membantu teman yang sedang bersedih atau meminta maaf ketika mereka melakukan kesalahan.

Selain itu, ajarkan mereka pentingnya kerjasama dan bagaimana bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

3. Kembangkan Keterampilan Sosial Pada Anak

Keterampilan sosial yang baik sangat penting dalam mengelola emosi dan membangun hubungan yang sehat. Bantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, memecahkan konflik, dan membangun empati.

Beri mereka kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai konteks, seperti di sekolah, di rumah, atau dalam kegiatan ekstrakurikuler. (tra/trj)