Plt Bupati Probolinggo Luncurkan Aplikasi SRIKANDI untuk Meningkatkan Pengelolaan Arsip dan Good Governance

235
Plt Bupati Probolinggo Luncurkan Aplikasi SRIKANDI untuk Meningkatkan Pengelolaan Arsip dan Good Governance

Kraksaan (WartaBromo.com) – Plt Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko, secara resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) pada Kamis, 6 Juli 2023. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan good governance.

Kegiatan di Ruang Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo itu, juga mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

“Jangan launching aplikasinya tok, layanannya seperti apa disiapkan. Masyarakat kan baca juga, tapi ternyata tidak siap,” ucap Timbul saat memberi sambutan.

Ia menerangkan penerapan aplikasi SRIKANDI ini, sebagai bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik) untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan berdasar Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 Tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis (AUBKD).

Baca Juga :   Buruh PT Sari Rajut Demo Gara-gara Gaji Turun, hingga Dua Pria di Pasuruan Oplos LPG 3 Kg Demi Nyicil Mobil | Koran Online 22 Feb

Plt Bupati Probolinggo Luncurkan Aplikasi SRIKANDI untuk Meningkatkan Pengelolaan Arsip dan Good Governance

Plt Bupati Probolinggo menyampaikan pentingnya memperlakukan arsip sebagai kekayaan negara yang menyangkut harkat dan martabat bangsa, guna menjaga keutuhan wilayah dengan ketersediaan arsip yang memadai. Hal yang sama berlaku untuk arsip yang terkait dengan aset-aset pemerintah daerah.

Dengan pengaturan arsip yang baik, diharapkan efisiensi pekerjaan dapat tercapai. Sebab peluncuran SRIKANDI bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan good governance.

SRIKANDI memiliki sejumlah manfaat, antara lain mendukung pengelolaan arsip dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik. Memudahkan penyimpanan dan pencarian kembali arsip. Menghemat kertas dan anggaran, mengatasi penumpukan arsip sehingga menghemat ruang penyimpanan. Serta memfasilitasi koordinasi, komunikasi, dan pengiriman dokumen antar dinas tanpa batasan ruang dan waktu.

Baca Juga :   Sudah 14 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Dicatat Bebas Covid-19

“Selain itu, pada hari ini juga dicanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dengan harapan semua Perangkat Daerah memprioritaskan pengelolaan arsip secara baku pada Perangkat Daerah masing-masing,” tandas Timbul.

Peluncuran aplikasi Srikandi ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wabup Timbul. Didampingi Arsiparis Madya Dinas Dispersip Provinsi Jawa Timur Wahyu Setiawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto, Plt Asisten Administrasi Umum Hudan Syarifuddin, Plt Kepala Dispersip Agus Mukson, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Yulius Christian dan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan dr. Mansur.

Sebelum itu dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama (Memorandum of Understanding / MoU) dokumen GNSTA antara Plt Bupati Probolinggo dan Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip), Agus Mukson. Juga ditayangkan video terkait aplikasi SRIKANDI di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga :   Gagal Dahului Truk, Ibu-Anak Tewas Terlindas

Serta pemberian penghargaan pengawasan internal kearsipan Perangkat Daerah kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Bagian Hukum, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD).

Ada pula pemberian penghargaan kepada pemenang Lomba Video Batik dan Bordir Khas Kabupaten Probolinggo yang digelar Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo.

Juara 1 diraih @likaa_rhsf dengan judul Pesona Batik Warogo, juara 2 diraih @zainulpc dengan judul Batik Sumber Ayu, juara 3 diraih @devatyo.19 dengan judul Ronggo Mukti, juara harapan 1 diraih @muslihatun_ummah dengan judul Batik Pancoran Mas dan juara harapan 2 diraih @rizaljunior7 dengan judul Batik Balqis. (ADV)