Masih Eksis! Ini 3 Tradisi Unik untuk Menyambut HUT RI di Indonesia

78

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada banyak tradisi unik di berbagai daerah saat menyambut 17 Agustus. Berbagai tradisi unik untuk menyambut HUT RI ini pun masih dilestarikan sampai sekarang.

Tradisi-tradisi ini senantiasa dirawat oleh penduduk di daerah setempat demi menjaga kebudayaan Indonesia. Bahkan, keasliannya pun tetap dijaga sehingga tidak dirusak oleh modifikasi kekinian.

Nah, kalau Bolo Warmo belum tahu apa saja tradisi-tradisi unik di berbagai daerah, inilah beberapa diantaranya dilansir dari indonesia.travel:

1. Tirakatan

Tradisi unik untuk menyambut HUT RI ini ada di pulau Jawa. Bahkan, tirakatan ini merupakan tradisi wajib yang biasa dilakukan setiap tanggal 16 Agustus.

Pada malam tirakat ini biasanya dihadiri para sesepuh, pejabat desa hingga warga setempat. Bentuk tirakatannya adalah dengan membaca sajak, doa bersama dan tausiyah mengenang jasa pahlawan.

Baca Juga :   Pemkot Pasuruan Tak Akan Gelar Karnaval hingga Lomba Agustusan

2. Obor Estafet

Selain tirakatan, di Semarang Jawa Tengah juga ada tradisi unik, yakni obor estafet. Tradisi ini bahkan sudah ada sejak 30 tahun silam.

Obor sendiri dianggap sebagai simbol semangat dari para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dengan adanya tradisi lomba obor estafet ini, masyarakat diharapkan dapat mencontoh semangat para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka dalam mengisi kemerdekaan.

3. Pacu Kude

Tradisi unik untuk menyambut HUT RIĀ  ini ada di Aceh dan sudah ada sejak lama. Mulanya, tradisi ini ada karena merupakan permainan yang dimainkan oleh kolonial Belanda setelah masa panen.

Kemudian, sejak tahun 1956 Pacu Kude resmi diambil alih pemerintah setempat sebagai tradisi tahunan untuk memperingati perjuangan rakyat Aceh mendapatkan kemerdekaan.

Baca Juga :   Warga Beji Upacara HUT RI Berkostum Hantu

Menariknya, kuda yang digunakan untuk acara tersebut merupakan kuda hasil persilangan antara kuda Australia dan kuda Gayo. (trj)