Ada 3 Rekomendasi Bibit Lele yang Cepat Besar dan Prospek Tinggi

2572

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi Bolo Warmo yang ingin tengah belajar menjadi pembubidaya ikan lele, pastikan untuk membeli bibit lele yang cepat besar.

Banyak pembudidaya yang membudidayakan ikan lele karena cara budidayanya yang mudah dengan modal yang terjangkau. Dengan harganya yang cenderung stabil, ikan lele juga mudah dipasarkan.

Beli bibit lele di sini.

Nah, ada tiga rekomendasi jenis ikan lele yang cepat besar. Ini dia bibitnya dilansir berbagai sumber:

1. Lele Mutiara

Lele Mutu Tinggi Tiada Tara, atau yang lebih dikenal sebagai Lele Mutiara, merupakan hasil dari persilangan antara lele Mesir, Phyton, Sangkuriang, dan Dumbo. Bibit lele yang cepat besar ini didapatkan melalui berbagai martketplace.

Nama “mutiara” diberikan karena ikan ini memiliki laju pertumbuhan 10-40% lebih cepat daripada jenis lele lainnya. Selain itu, Lele Mutiara memiliki masa pertumbuhan yang singkat, sekitar 40-80 hari, tergantung pada padat tebar benih di kolam.

2. Lele Dumbo

Ikan Lele Dumbo merupakan hasil persilangan antara lele Taiwan dan lele Afrika yang pertama kali dikembangkan di Indonesia pada tahun 1985.

Pada periode tersebut, pemerintah sangat mengandalkan komoditas Lele Dumbo untuk meningkatkan tingkat budidaya ikan lele di Indonesia dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Dibandingkan dengan lele lokal, Lele Dumbo dikenal memiliki pertumbuhan yang lebih cepat. Ikan ini hanya memerlukan waktu 2-3 bulan untuk mencapai ukuran yang setara dengan lele lokal yang biasanya dibesarkan selama 1 tahun.

3. Lele Sangkuriang

Lele sangkuriang merupakan lele yang berasal dari indukan lele dumbo yang asli, lele dumbo betina generasi kedua (F2) dan lele dumbo jantan generasi keenam (F6).

Lele ini dinamakan Sangkuriang karena merupakan hasil penelitian dari Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar yang terletak di Bogor, Jawa Barat pada tahun 2004.

Lele sangkuriang terbukti memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan lele dumbo. Lele jenis ini dapat menghasilkan sekitar 40.000-60.000 butir telur ketika masa bertelur tiba.

Diantara ketiga bibit lele yang cepat besar di atas, mana yang Bolo Warmo pilih untuk memulai bisnis budidaya lele?. (jun)