Sumberpacar Meluap Saat Hujan Deras, Banjir Terjang Kota Probolinggo

69

Probolinggo (WartaBromo.com) – Hujan deras yang melanda Kota Probolinggo selama 1,5 jam pada Minggu (04/02/2024) menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir. Salah satu lokasi yang terdampak adalah Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran.

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kota mulai pukul 16.30 hingga 18.00 WIB, menyebabkan banjir setinggi lutut orang dewasa di sepanjang jalan Ir H Juanda.

Beberapa rumah di Jalan Ir. Juanda terendam air setinggi 1 meter. Banjir juga terjadi di Jalan Sultan Syahrir dan Jalan Melati. Lebih dari 10 rumah dilaporkan terkena dampak banjir.

Warga setempat, seperti Umar Faisol, menyatakan bahwa banjir sering terjadi di musim hujan, dan kali ini air mencapai lutut orang dewasa. Beberapa rumah, kulkas, dan perabotan lainnya turut terendam air.

Baca Juga :   Tak Tertolong, Satu Korban Pembacokan di Kraksaan Meninggal

“Setelah sekian lama mengalami musim kemarau, jadi aliran air atau got yang ada di sepanjang jalan pemukiman warga ini tidak bisa menampung, dan banyak yang tersumbat sampah,” ungkapnya.

Raphael Azizah, warga di Jalan Ir. Juanda, menyebut bahwa banjir sudah biasa terjadi saat hujan deras. Selain Sungai Sumberpacar meluap, saluran air yang dangkal juga menjadi penyebab banjir.

Pihak berwenang diminta memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan ini. “Sudah sering terjadi, bukan hanya karena sungai, tetapi juga karena selokan yang jarang dibersihkan dan dangkal,” ungkap ia.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito, menyatakan bahwa petugas sedang melakukan pengecekan di lapangan setelah menerima laporan melalui call center 112.

Baca Juga :   Ini Kata Ponco Suro Terkait Postingan Kontroversialnya

“Petugas masih melakukan pengecekan lokasi banjir di Kota Probolinggo, belum mendata total kerugian yang dialami warga,” ujarnya.

Warga di sekitar lokasi banjir berharap pemerintah setempat memberikan solusi agar kejadian serupa tidak terulang. (lai/saw)