Penyebab Darah Menstruasi Tidak Keluar di Hari Kedua

66
Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Cek Sekarang!
Ilustrasi menstruasi by pexels.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi para perempuan tentu panik apabila darah menstruasi tiba-tiba tidak keluar di hari kedua. Meskipun dalam medis ini dikatakan normal, namun penyebabnya tentu harus diketahui agar tidak panik attack.

Dilansir dari sehatq.com, pada beberapa kasus, darah haid yang keluar bisa berlangsung lancar dan banyak, tetapi ada pula yang terhambat bahkan tidak keluar.

Lantas, apa penyebab darah menstruasi tidak keluar di hari kedua? Simak berikut!

1. Mengalami Gangguan Hormon Tiroid

Gangguan hormon tiroid juga bisa menjadi salah satu penyebab darah haid tidak keluar. Kondisi ini terjadi akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga menyebabkan kadar hormon tiroid meningkat terlalu tinggi (hipertiroidisme).

2. Terserang Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon pada wanita di masa subur.

Selain mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan hormon reproduksi, seperti hormon estrogen dan progesteron, PCOS juga bisa menimbulkan gangguan siklus menstruasi dengan periode yang lebih pendek.

3. Stres

Stres ternyata juga bisa memengaruhi siklus haid dan menjadi penyebab darah haid tidak keluar. Pasalnya, produksi hormon kortisol akan meningkat saat sedang stress dan bisa menghambat fungsi kerja hormon lain, termasuk hormon estrogen.

Jika kadar hormon estrogen mengalami penurunan, maka hal itu bisa berdampak pada perubahan siklus menstruasi serta volume darah haid yang keluar. (jun)