15:08 - Senin, 20 Oktober 8487
Kamis, 22 Oktober 2015 | 13:45

Kapiten, Kopi Khas Kabupaten Pasuruan Siap Dilaunching

Kopi menjadi komoditas unggulan Kabupaten Pasuruan. Luasan kebun kopi mencapai 4.365 hektar mampu memproduksi sekitar 1.176,9 ton biji kopi kering per hatun. Potesni besar tersebut melatarbelakangi produksi Kapiten Pasuruan yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani.WARTABROMO/istimewa.

Pasuruan (wartabromo) – Setelah diperkenalkan dalam Jatim Fair untuk memperingati Hari Jadi Provinsi Jatim ke-70 di Surabaya, beberapa waktu lalu, Kapiten Pasuruan atau Kopi Asli Kabupaten Pasuruan, akan dilaunching di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Minggu 25 Oktober mendatang.

“Launching Kapiten sebagai upaya pemerintah membantu mempromosikan produk industri rakyat,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Kamis (22/10/2015).

Inisiasi produksi Kapiten Pasuruan muncul seiring potensi perkebunan kopi di Kabupaten Pasuruan yang sangat besar. Seluas 4.365 hektar lahan kopi memproduksi sekitar 1.176,9 ton biji kopi kering per hatun.

Guna mendorong produktifitas petani kopi yang jumlahnya mencapai 1.900 orang, pemerintah melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan mengajak para petani melakukan pengemasan yang diharapkan mampu meningkatkan nilai ekonomi. Petani juga bisa diberdayakan dengan memunculkan UKM-UKM kopi.

“Jika dijual dalam kemasan yang menarik akan meningkatkan nilai ekonomi kopi,” terang Irsyad.

Irsyad mengatakan biji kopi yang diolah dan dikemas merupakan kopi kualitas terbaik yang dipetik saat benar-benar matang.

“Selama ini karena tergoda ingin segera menjual, petani memetik kopi saat masih hijau atau belum benar-benar matang.  sehingga kualitasnya kurang,” kata dia.

Kepala Dinas Infokom Kabupaten Pasuruan, Acmad Saefuddin, mengatakan lauching Kapiten dimulai pada pukul 19.00, bersamaan dengan beberapa agenda diantaranya Penganugerahan Maslahat Award.

“Masyarakat juga bisa menikmati langsung aneka produk kopi khas Kabupaten Pasuruan di kafe-kafe yang disediakan di lokasi acara,” kata Saefuddin. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Saatnya Santri Ambil Peran Mengurangi Kebodohan dan Kemiskinan

Puluhan Ribu Pencari Kerja Serbu Job Fair Kabupaten Pasuruan