11 Kecamatan di Pasuruan Terancam Kekeringan

235
Foto : Ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – Dampak musim kemarau sudah mulai terasa. Di Kabupaten Pasuruan, sebanyak 11 kecamatan terancam kekeringan.

Mengantisipasi bencana kekeringan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menyiapkan ‘guyuran’ air untuk disebarkan ke warga. Sejumlah mobil tangki juga sudah disiapkan.

“Kita sudah inventarisir 37 desa di 11 kecamatan memiliki kerawanan kekeringan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Senin (23/7/2012).

Yudha menjelaskan pihaknya sudah siap menyuplai air bersih ke sejumlah kecamatan yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

“Di wilayah yang masuk kekeringan kritis, sudah kita siapkan 10 liter per hari per orang,” tandasnya.

Pihaknya juga sudah meminta pada seluruh kepala desa agar melapor jika di daerahnya sudah termasuk kategori kekeringan kritis.

“Kita tidak seperti tahun-tahun yang membatasi suplai air selama sebulan, tahun ini kita kita akan menyuplai berapapun kebutuhan warga,” pungkas Yudha.

Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang terancam kekeringan di antaranya Lumbang, Paserpan, Lekok, Nguling, Rejoso, Kejayan, Winongan, Puspo, dan Gempol. (gas/fyd)