Basarnas Gelar Gladi Lapang Hadapi Musim Hujan

265
Vertical Rescue - Peserta latihan sedang memanjat tebing, Jumat (19/10/2012). Foto: istimewa

Sukorejo (wartabromo) – Badan SAR Nasional (Basarnas) menggelar latihan kesiapan penanganan bencana di wilayah Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Latihan digelar sebagai persiapan menghadapi musim hujan digelar selama 4 hari sejak Selasa hingga Jumat hari ini.

Latihan meliputi water rescue dan vertical rescue diikuti 65 peserta dari semua instansi kebencanaan se-Jatim. Diantaranya dari Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), Truna Siaga Bencana (Tagana), Marinir, TNI – AU, Brimob, SAR Nahdlatul Ulama serta dari unsur Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala).

“Latihan water rescue dan vertical rescue,” kata Teguh Widodo, petugas dari BPBD Kabupaten Pasuruan, Jumat (19/10/2012).

Water rescue merupakan bagian dari penyelamatan teknis di arung sungai. Penyelamatan ini membutuhkan tenaga terlatih khusus, tali dan sistem keuntungan mekanis yang lebih kuat daripada yang digunakan dalam penyelamatan tali standar karena dilakukan dalam arus air.

“Tujuannya untuk membelokkan arus air guna membantu menyelamatkan orang yang terancam hanyut,” jelasnya.

Untuk vertical rescue, latihan ini dilakukan pada medan-medan vertikal, seperti gedung dan tebing. Latihan ini memerlukan keahlian dan peralatan khusus, seperti tali, harness, carabiner, mallion rapide, descender serta pulley.

“Latihan menghadapi musim penghujan,” pungkas Teguh. (fyd/fyd)