Daerah Rawan Banjir dan Longsor Pasuruan

210
Foto: ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan memetakan belasan wilayah rawan banjir dan lonsor. 10 kecamatan masuk dalam peta rawan banjir, 9 kecamatan masuk dalam wilayah rawan longsor.

10 kecamatan yang masuk dalam peta rawan banjir yakni Bangil, Beji, Gempol, Rembang, Kraton, Winongan, Rejoso, Grati, Nguling dan Pohjentrek. Sementara wilayah yang masuk rawan longsor berada di Kecamatan Tosari, Puspo, Tutur, Lumbang, Paserpan, Purwodadi, Prigen, Gempol serta Purwosari.

“Seperti musim sebelumnya, banjir diakibatkan meluapnya 5 Daerah Aliran Sungai (DAS), diantaranya sungai Kedung Larangan, Welang, Rejoso, Lawean dan Petung,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Jumat (19/10/2012).

Berbagai persiapan dan peralatan sudah dilakukan menghadapi kemungkinan bencana banjir dan longsor. Sarana-prasarana serta dapur umum juga siap didirikan di wilayah rawan.

BPBD juga memasang papan peringatan di setiap titik rawan yang sudah terpetakan. Dengan adanya papan peringatan diharapkan warga bisa mengetahui bahaya sejak dini.

”Kita juga akan pasang papan-papan peringatan. Semoga tidak ada longsor,” pungkas Yudha. (fyd/fyd)