Ssstt! Bupati Bagi-bagi Bantuan Jelang Pilbup

256
Foto: Dok. wartabromo.com

Sukorejo (wartabromo) – Jelang tutup tahun anggaran 2012, Pemerintah Kabupaten Pasuruan membagikan bantuan dan dana hibah sebesar Rp 191 miliar. Dana sebesar Rp 191 Miliar itu diantaranya untuk anggaran dana desa (ADD) yang besarnya mencapai Rp 29.5 miliar, bantuan sosial sebesar Rp 63 miliar dan dana hibah sebesar Rp 98 miliar.

Penyerahan bantuan oleh Bupati Dade Angga yang dilakukan menjelang berlangsungnya Pilbup pada Maret 2013 mendatang syarat bernuansa politik pencitraan. Seperti diketahui Dade Angga yang sudah dua kali menjabat sebagai bupati ini tengah menyiapkan diri dalam pencalonan sebagai calon wakil bupati (cawabup).

“Memang ada anggapan seperti itu. Namun pencairan bantuan keuangan dan dana hibah ini tidak ada faktor lain. Tidak ada niatan saya untuk itu,” kata Dade Angga usai penyerahan bantuan di Sukorejo, Jumat (21/12/2012).

Bantuan itu sebenarnya telah diserahkan kepada para penerima selama kurun waktu tahun 2012. Pembagian secara simbolik sengaja diacarakan agar masyarakat memahami dan mengetahui siapa saja penerima bantuan.

“Obyek pemeriksaan keuangan ini langsung berada pada penerima anggaran. Karena itu penggunaannya harus tepat sasaran, sehingga penerima bantuan tidak berurusan dengan aparat penegak hukum di suatu hari nanti,” tandasnya.

Pemberian bantuan tersebut mengundang ratusan penerima bantuan, diantaranya para kepala desa, pelaku UKM dan penyandang cacat fisik. Dengan diumumkannya para penerima bantuan, diharapkan masyarakat dapat memberikan dukungan serta pengawasan di lapangan. Para penerima juga dituntut bertanggung jawab dalam penggunaan uang bantuan. (fyd/fyd)