Buruh Pabrik Tekstil Berdemo Tuntut Ijazah Dikembalikan

299
Protes - Buruh mendirikan tenda di depan pabrik menuntut ijazah dikembalikan. Foto: Farel

Beji (wartabromo) – Gara-gara tidak kunjung diangkat jadi karyawan tetap dan ijazah ditahan perusahaan, puluhan buruh pabrik tekstil PT Rama Gloria Sakti Industri, Dusun Turirejo, Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji kesal. Mereka pun menduduki pabrik dengan mendirikan tenda di depan gerbang, Kamis (07/02/2013).

Aksi tersebut digelar sebagai protes kebijakan menejemen yang dianggap tidak adil. Buruh yang datang bersama anggota keluraganya masing-masing meminta perusahaan segera mengembalikan ijazah mereka. Ijazah yang ditahan pabrik terdiri SMP, SMA dan Sarjana.

Sebagian dari buruh beroasi menyuarakan tuntutannya. Sementara yang lain membawa poster dan berteriak menuntut. Para buruh yang semuanya berstatus pekerja kontrak tersebut memerlukan
ijazah mereka untuk melamar di perusahaan lain. Meski sudah bekerja selama belasan tahun, mereka tidak kunjung diangkat sebagai karyawan tetap.

“Kalau tidak dikembalikan ya harus diangkat jadi karyawan tetap. Kita butuh ijazah itu,” kata Susi, salah satu buruh.

Setelah hampir dua jam memblokir gerbang pabrik dan berorasi, salah seorang personalia pabrik, Eko Susanto keluar menemui buruh. Eko menjelaskan pada buruh belum bisa memenuhi
tuntutan karena tidak punya wewenang.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa sebelum dapat perintah dari atasan,” ujar Eko Susanto.

Mendapat jawaban yang tidak memuaskan, buruh semakin kesal. Para buruh berkaraoke untuk menghibur diri dan melepas penat. Buruh bertekad terus menduduki pabrik sampai tuntutan terpenuhi. (fyd/fyd)