Dana KPUD Sudah Cair, Surat Suara Siap Dicetak

257

Kejayan (wartabromo) – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pasuruan kini mulai bisa tersenyum lega menyusul turunnya anggaran dana Pilkada 2013 sebesar Rp 17 Miliar untuk Pilkada putaran pertama.

Anggota KPUD Kabupaten Pasuruan, Titin Wahyuningsih menjelaskan, dana Pilkada untuk keperluan penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Pasuruan tersebut sudah ditransfer ke rekening milik KPUD sejak Kamis, (7/2/2013) kemarin.

“Alhamdulillah! sudah cair sejak kemarin Mas. Sekarang ini kita bersiap untuk segera cetak surat suara,”ujar Titin Wahyuningsih yang menangani bidang logistik dan keuangan, Jum’at (8/2/2013).

Menurutnya, turunnya anggaran KPUD tersebut menyusul Permendagri Nomor 57 Tahun 2009, Pasal 30 yang menyatakan bahwasannya, bagi daerah yang belum menetapkan APBD, dapat menetapkan DPA-PPKD (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah) melalui peraturan kepala daerah sebagai dasar pengeluaran belanja hibah pemilukada.

“Anggaran KPUD sudah turun. Sekarang kita konsen untuk cetak surat suara yang sudah disetujui oleh tim kampanye keenam pasangan calon,” ujarnya.

Validasi surat suara sendiri sudah dilakukan oleh masing-masing tim kampanye pasangan calon pada Jum’at (8/2/2013) hari ini mulai dari gambarnya, background warna serta nama yang ada dalam contoh surat suara.

Hasilnya, ada sejumlah perwakilan tim kampanye pasangan calon yang mengusulkan perbaikan font tulisan serta kecerahan warna gambar pada surat suara tersebut.

“Kita akan segera kirimkan ke percetakaan yang sudah ditunjuk oleh KPUD,”pungkasnya. (yog/yog)