Hari Pers Nasional, Wartawan Ikrar Pilbup Damai

271
Tabur Bunga - Dalam deklarasi Pilbup Damai, wartawan melakukan 'ruwatan', Minggu (10/02/2013). Foto: H Fernandes

Winongan (wartabromo) – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) digelar wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan di Sumber Mata Air Umbulan, Minggu (10/02/2013). Para wartawan mengikat para calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) dengan komitmen mengangkat kesejahteraan masyarakat dari potensi Sumber Mata Air Umbulan yang bakal menjadi mega proyek pemerintah.

Acara sengaja ditempatkan di Umbulan untuk mengingatkan para pemimpin daerah ini. Jika mereka diberi kesempatan memimpin Pasuruan diharapkan mengedepankan kesejahteraan masyarakat sekitar Umbulan. Sumber Mata Air Umbulan yang memiliki debit sekitar 5.000 meter kubik setiap detiknya.

“Para pemimpin jangan sampai mengejar keuntungan untuk pribadinya sendiri,” kata Abdus Syukur, Ketua Panitia HPN.

Dalam kegiatan tersebut para wartawan berikrar damai dan mensukseskan Pilbup Pasuruan. Ikrar tersebut diawali dengan  larung papan deklarasi jurnalisme damai untuk pilbup 2013. Setelah itu dilakukan pembacaan deklarasi oleh para wartawan. Para wartawan juga tabur bunga pada alat-alat peliputan berupa kamera, handy cam sebagai simbol bahwa wartawan siap menjaga independensi serta bertanggungjawab dalam setiap peliputan.

Acara tersebut dihadiri, Bupati Pasuruan Dade Angga beserta cabup – cawabup atau yang mewakili. Datang juga perwakilan KPU serta tokoh masyarakat dan tokoh agama. Pada akhir angkaian deklarasi, sebanyak enam ekor merpati dilepas-liarkan ke udara.

“Kami berikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk para wartawan dalam HPN ke 67 ini. Sedangkan terkait deklarasi jurnalisme damai tersebut sangat penting, karena itu menunjukkan kebersamaan dan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat secara benar,” tandas Dade Angga, Bupati Pasuruan yang hadir dalam peringatan HPN.

Calon kepala daerah yang hadir dalam deklarasi tersebut yakni Dade Angga serta Kelana Apriliyanto dan Agus Asyari. Pasangan Irsyad Yusuf – Riang Kulup Prayuda (Satria) diwakili tim suksesnya. Sementara tiga pasangan calon lainnya tidak bisa hadir karena ada acara di lokasi lain.

“Komitmen damai ini penting agar proses demokrasi di Kabupaten Pasuruan berjalan dengan tertib. Kita tahu wartawan punya peran besar memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Terpilih atau tidak, jangan sampai menimbulkan kerusuhan yang kontra produktif,” tegas Kelana Apriliyanto. (fyd/fyd)