PGN : Pasuruan Bisa Hemat Biaya Energi Rp. 500 Milyar

516

Pasuruan (wartabromo) – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tetap berkomitmen untuk melanjutkan dan menyelesaikan proyek pembangunan infrastruktur gas bumi di Pasuruan Jawa Timur tepat waktu. Pasalnya, infrastruktur tersebut dianggap akan memiliki dampak strategis bagi peningkatan investasi dan pertumbuhan industri di Pasuruan.

General Manager SBU Distribusi Wilayah II PGN, Wahyudi Anas mengatakan, kalangan industri dan konsumen di Pasuruan akan dapat menikmati tambahan gas mulai dari 1 juta kaki kubik (MMSCFD) sampai dengan kapasitas maksimal 21 MMSCFD jika jaringan pipa di wilayah Pasuruan selesai.

“Dibandingkan dengan penggunaan energi lain seperti minyak bumi, pelaku industri dan konsumen di wilayah Pasuruan dapat melakukan penghematan biaya energi pada kondisi awal Rp 23 miliar hingga maksimal sebesar Rp 500 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pengusahaan PGN, Jobi Triananda menambahkan, pembangunan infrastruktur tersebut dipastikan akan berguna untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan industri di Pasuruan. Pasalnya, Ketersediaan gas bumi sebagai sumber energi menjadi salah satu pertimbangan investor dalam menananamkan investasinya.

“Pertumbuhan industri akan mendorong terbukanya lapangan kerja di daerah, seperti halnya di Pasuruan. Dengan ekonomi makin baik, tentu kesejahteraan masyarakat juga akan meningkatkan,” tegas Jobi.

Saat ini, PGN telah mengalirkan gas bumi di wilayah jawa timur sebanyak 35 MMSCFD atau setara dengan 457 juta liter solar.  (yog/yog)