Banyak Lahan Kritis, Pemkab Siapkan Rp 2,8 Miliar

275

Pasuruan (wartabromo) – Pemkab Pasuruan melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,8 miliar untuk program penyelamatan lahan kritis yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kabid Kehutanan Dinas kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pasuruan, Made Jayatsena kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, besaran anggaran yang mencapai miliaran rupiah tersebut sengaja diperuntukkan dalam program penyelamatan lahan hutan yang kritis seperti belanja bibit tanaman Rp2,46 milliar, belanja obat-obatan Rp29,30 juta dan belanja bahan pupuk tanaman Rp 360,030 juta.

Hal ini dilakukan mengingat kawasan hutan di Kabupaten Pasuruan yang saat ini masuk kategori lahan kritis sudah cukup besar yakni mencapai luasan sekitar 28 ribu hektar.

“Saat ini terdapat 168,55 hektar lahan sangat kritis.  4440,15 hektar lahan agak kritis serta 11.915,03 hektar lahan yang berpotensi kritis,” ujar Made Jayatsena saat ditemui wartawan.

Dijelaskannya, lahan-lahan kritis tersebut tersebar secara merata di 24 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Salah satu kerusakan terparah terjadi di wilayah Kecamatan Gempol yakni seluas 44,4 hektare dan Kecamatan Pasrepan seluas 124 hektare.

“Demi mengurangi lahan kritis, kami akan melakukan program pemanfaatan potensi sumber daya kehutanan. Yakni menanam tanaman hutan sebanyak 66.000 bibit,”pungkas Made. (jes/yog)