9 Orang Meninggal karena Deman Berdarah

609
Ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Pasuruan tahun 2013 meningkat dari tahun lalu. Selma Januari-Oktober, terjadi 416 kasus DBD yang menelan korban jiwa sebanyak 9 orang.

Pada 2010 terjadi  591 kasus DBD dengan jumlah korban meninggal sebanyak 13 orang. Jumlah kaus menurun pada 2011 sebanyak 116 kasus dengan korban meninggal sebanyak 3 orang.

Kasus DBD mengalami kenaikan lagi pada 2012. terjadi 163 kasus dengan jumlah korban meninggal sebanyak 3 orang.

Kasus DBD kembali meningkat tajam pada Januari-Oktober 2013. Terdapat  416 kasus dengan korban meninggal mencapai 9 orang. Jumlah kasus paling banyak terjadi di Februari dengan 67 kasus.

Penyebaran penyakit akibat gigitan nyamuk Aides Aegypti ini merata di wilayah Kabupaten Kabupaten. “K ecuali di dataran tinggi, seperti Tosari,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Sunyono, Kamis (31/10/2013).

Baca Juga :   Waduch! Eceng Gondok Penuhi DAM Sungai

Selama 10 tahun terakhir, kasus DBD banyak terjadi pada bulan Januari-Maret. Musim hujan membantu perkembangbiakan nyamuk Aides Aegypti. Pihaknya menyarankan masyarakat waspada dengan terus membersihkan tempat yang biasa menjadi sarang berkembangnya nyamuk demam berdarah.

Kepala Dinas Kesehatan Loembini Pedjati Lajoeng belum bisa dikonfirmasi langkah antisipasi untuk menekan jumlah kasus DBD karena sedang ada kegiatan dinas. (fyd/fyd)