DBD Merajalela, Dinkes Beli Puluhan Mesin Fogging

597
ilustrasi / eml
ilustrasi / eml

Pasuruan (wartabromo) – Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan menyiapkan puluhan mesin fogging (mesin penyemprot nyamuk demam berdarah) yang ditempatkan di sejumlah Puskesmas guna mengantisipasi merebaknya wabah demam berdarah jelang musim penghujang.

Drg Loembini Pedjati Lajoeng, Kepala Dinkes Kabupaten Pasuruan menjelaskan, total mesin fogging yang dibeli tahun ini sebanyak 26 unit yang diambil dari APBD Tahun 2013 melalui Program Pengadaan Alat Penyemprot dan Sarana Prasarana Pendukung Dinas Kesehatan.

“Untuk jumlah anggaran sendiri sekitar Rp 300 jutaan. Alat tersebut sudah kami distribusikan melalui puskesmas yang ditentukan,” ujarnya pada wartabromo, Jum’at (1/11/2013).

Menurut Loembini, mesin fogging tersebut hanya membasmi nyamuk demam berdarah yakni induk nyamuk atau nyamuk dewasa.

Baca Juga :   Hari Ini, 68.015 Pelajar di Pasuruan Ikuti Ujian Nasional

“Dengan dioperasionalkannya mesin fogging, kita harapkan kasus DBD di Kabupaten Pasuruan dapat ditekan, sekalipun mengalami peningkatan dari 3 tahun lalu,” tegasnya.

Untuk diketahui, sejak Januari-Oktober, terjadi 416 kasus DBD di Kabupaten Pasuruan yang menelan korban jiwa sebanyak 9 orang. Peningkatan kasus DBD tersebut rata-rata mencapai 1-5% per tahun.

Untuk tahun 2011, total kasus DBD mencapai 117 kasus, sementara selang satu tahun berikutnya yakni 2012 bertambah menjadi 154 kasus. (eml/yog)