Film Belanda “The Silent Force” Akan Dibuat di Pasuruan

320
film-belanda
Crew Film asal Belanda, Martine Barwegen (39) dan Jindra Markus (58) saat mendatangi Pendopo Pasuruan / eml

Pasuruan (wartabromo) – Banyaknya situs sejarah di Kabupaten Pasuruan, menarik perhatian 2 turis asal Belanda yakni Martine Barwegen (39) dan Jindra Markus (58). Dua crew film tersebut berencana akan menggunakan latar Pasuruan untuk membuat Film Dokumenter berjudul “The Silent Force” pada tahun 2014 mendatang.

Kedua pria tersebut mengaku akan melakukan penelitian selama 4 minggu untuk pemilihan tempat.

Dipilihnya Kabupaten pasuruan dalam bagian film tersebut, lantaran sang penulis buku “The Silent Force”, yakni Louis Couperous pernah tinggal di Pasuruan pada tahun 1899 bersama dengan saudaranya Gerald Valedt, yang pernah menjadi pejabat di masa penjajahan silam.

“This film is important to show the history value of pasuruan, and we’ll make this film as our pruduct (ini film penting, karena untuk menunjukkan nilai sejarah yang ada di pasuruan, dan kita akan menjadikannya sebagai produk kami,” imbuhnya.

Film yang diartikan berjudul Kekuatan yang tersembunyi itu disutradarai oleh Paul Verhoeven, seorang sutradara belanda bertaraf internasional dan akan mengambil setting awal abad ke 20 atau sekitar tahun 1900-an.

Sementara itu, Sunyono, Kepala Dinas Kominfo mendukung penuh pembuatan film tersebut, khususnya dalam hal pemberian lokasi-lokasi yang diinginkan oleh kedua turis yang berasal dari Fu Works Productions BV itu.

“Kami akan mendukung, karena ini demi kepentingan kita juga untuk mempromosikan potensi wisata Pasuruan” ujarnya. (eml/yog)