Klenteng Tjoe Tik Kiong Bersiap Sambut Imlek

225
Klenteng Tjoe Tik Kiong Pasuruan siap sambut Tahun Baru Imlek 2565, Minggu, 26 Januari 2014. Foto: wartabromo.com

Panggungrejo (wartabromo) – Berbagai persiapan sudah dilakukan umat Tri Darma menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2565 yang jatuh pada 31 Januari 2014. Termasuk di Klenteng Tjoe Tik Kiong, Pasuruan, Minggu, 26 Januari 2014.

Di klenteng yang berada di Kelurahan Trajeng Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan ini, belasan anggota klenteng tampak sibuk dengan bagian pekerjaannya masing-masing. Mereka membersihkan arca, memasang pernak-pernik, lampion dan keperluan lainnya yang didominasi warna merah-emas. Selain itu juga dilakukan proses ritual ayak abu.

Seksi Agama Klenteng Tjoe Tik Kiong, Yudi Darma Santosa, mengatakan di klenteng yang berusia sekitar 400 tahun tersebut terdapat sebelas arca dewa, termasuk arca dewa Mak Cho sebagai tuan rumah. Imlek tahun ini, umat Tri Darma berharap terbebas dari segala dosa.

“Kami juga mendoakan agar para korban bencana semua lebih sabar,” kata Yudi.

Menurut Yudi, ia bersyukur bahwa kerukunan antar umat beragama di Pasuruan terjalin dengan baik. Tidak ada resistensi antara anggota klenteng dan warga sekitar yang beragama lain. Pihak klenteng juga melibatkan warga sekitar dalam persiapan perayaan Imlek. (fyd/fyd)