Rekayasa Arus Lalu Lintas di Pandaan Belum Optimal

0
125

pandaanPandaan (wartabromo) – Upaya untuk mengurangi terjadinya kemacetan maupun antrean kendaraan dijalur pariwisata Pandaan arah Malang maupun Surabaya yang seringkali terjadi dihari libur atau saat-saat musim liburan nasional terus dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Pasuruan. Sayang, rekayasa arus lalin tersebut masih belum optimal.

Hari ini, Senin (31/3/2014) jajaran satuan lalu lintas Polres Pasuruan kembali melakukan uji coba rekayasa arus lalu lintas di jalur tersebut.

Dimulai dari simpang 3 taman Dayu jalur by Pass, 4 lajur yang biasanya digunakan menjadi satu jalur untuk kendaraan dari arah malang. Selanjutnya, bagi kendaraan yang akan menuju kewilayah kota Pandaan maupun Bangil dan Beji memutar di SPBU Kasri atau kawasan bundaran Kasri. Sementara kendaraan dari arah Surabaya yang biasanya melawati By Pass, untuk rekayasa ini diarahkan masuk Kota Pandaan.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Tony Prasetyo kepada wartabromo mengatakan, langkah uji coba ini dilakukan untuk menghindari kemacetan yang sering kali terjadi saat-saat musim libur.

“Ini masih uji coba mas, kalo berhasil, kedepan kita terapkan tiap liburan” terang Tony.

Dari pantauan wartabromo dilokasi, rekayasa arus ini belum menunjukan hasil yang optimal, terbukti penumpukan dan kepadatan kendaraan masih terlihat dikawasan depan masjid Cheng hoo arah Surabaya. Termasuk pintu keluar By Pass arah Surabaya.

Hal ini terjadi lantaran kurangnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas untuk mematuhi instruksi petugas, selain itu banyak pengguna jalan yang tetap melanggar melawan arus lantaran minimnya sosialisasi. (ryn/yog)