KPU Keliling Rumah Sakit Layani Pasien ‘Nyoblos’

591

pemilih-pasienBangil (wartabromo) – Ratusan pasien RSUD Bangil memanfaatkan hak pilihnya dalam Pemilu legislatif 2014 yang serentak dilakukan, Rabu (9/4/2014).

Tak kurang dari 120 pasien dengan riwayat kesehatan beragam, menggunakan hak pilihnya, di ruangan perawatan masing-masing dengan pengawalan ketat oleh Kepolisian Polres Pasuruan maupun petugas keamanan setempat.

Dari pantauan wartabromo, salah satu komisioner KPU Kabupaten Pasuruan dari Divisi Sosialisasi, Wiwik Winarningsih bersama dengan anggota KPPS dari TPS 3 dan 4, Desa Masangan, Kecamatan Bangil, terlihat berkeliling setiap ruangan. Mereka mempersilahkan para pasien maupun keluarganya,untuk menentukan hak pilihnya.

“Kami bersama dengan KPPS menjemput bola, dimana kami sendiri yang datang ke tempat perawatan, kemudian kami siapkan kertas suaranya, dan pasien tinggal mencoblos saja,”  ujar Wiwik saat mendampingi pasien di ruang Isolasi Penyakit Khusus Diabetes RSUD Bangil.

Proses pencoblosan sendiri disesuaikan dengan kondisi pasien. Kalaupun tidak dapat bangun dari tempat tidur, maka KPU mempersilahkan salah satu anggota keluarganya untuk membantu melakukan pencoblosan.

“Yang paling penting adalah hak pilih pasien tetap didapatkan, karena negara kita adalah negara demokrasi. Kalaupun yang mencoblos itu keluarganya ya tidak apa-apa, asalkan sesuai dengan arahan dari pasien tersebut,” imbuh perempuan yang juga berprofesi sebagai dokter itu.

Sementara itu, dari pihak KPU sendiri hanya menyediakan sebanyak 120 surat suara yang diambil surat suara sisa dari TPS terdekat, untuk selanjutnya setiap suara pemilih yang berasal dari pasien, akan masuk dalam daftar pemilih khusus tambahan.

“Khusus untuk para pasien di RSUD Bangil akan memilih caleg DPRD Kabupaten dari Dapil (daerah pemilihan, red) Bangil dan sekitarnya, sehingga ini bisa dikatakan berkah bagi para caleg di dapil ini,” akunya. (eml/yog)