Masjid Cheng Hoo Pandaan, Antara Sholat dan Istirahat

2059

masjid-chen-hoo2Pandaan (wartabromo)– Disamping menjadi tempat ibadah, masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan yang berada di jalan raya A. Yani, Pandaan Pasuruan, dimanfaatkan pula oleh para wisatawan domestik sebagai wisata religi dan tempat istirahat paling nyaman usai bepergian ke Taman Safari Prigen atau Batu-Malang.

Hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah pengunjung dan jamaah yang datang ke masjid tersebut, pada saat hari sabtu-minggu atau hari libur nasional.

Puluhan kendaraan pribadi dan bus pariwisata memadati lahan parkir disekitar masjid maupun kawasan Batu mas yang tak jauh dari lokasi Masjid.

Selain ingin beribadah, pengunjung juga mengagumi konstruksi bangunan masjid yang menyerupai bangunan Pagoda khas China ini. Salah seorang pengunjung asal Rembang Jateng, Herlina (36) kepada Wartabomo mengaku, mengagumi bentuk bangunan masjid Cheng Hoo ini sehingga memilih untuk mampir bersama rombongan keluarganya.

Baca Juga :   Foto Adegan Ciumannya Beredar Luas, Satpol PP Cantik 'Menghilang'

“Saya bersama rombongan sengaja mampir untuk sholat dhuhur dan melihat kharismatik masjid Cheng Hoo, mas” ungkap Herlina sambil bersiap-siap foto bersama rombongan dengan latar belakang masjid Cheng Hoo.

Ucapan senada juga dilontarkan Bambang (48) warga Gresik. Menurutnya, selama ini dirinya hanya mendengar namanya saja dari orang lain dan belum sempat melihat dari dekat Masjid yang berdiri semasa Bupati Pasuruan, Jusbakir Al-Jufri dan diresmikan pada tanggal 27 Juni 2008 tersebut.masjid-chen-hoo3

“Mumpung ke Malang saya sempatkan untuk melihat langsung keindahan masjid Cheng Hoo” cerita Bambang sambil menunjuk bangunan masjid.

Masjid yang bernama lengkap Muhammad Cheng Hoo ini, 90 persen berornamen China, dinding bercat merah, kaligrafi tulisan arab China serta memiliki lokasi yang adem dan strategis sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun pengguna jalan.

Baca Juga :   Peringatan Mayday Digelar 4 Hari Berturut - turut dan Berhadiah Umroh

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 6.000 meter persegi. Dengan luas bangunan masjid 550 meter persegi. Masjid yang peletakan batu pertama dilakukan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 30 Mei 2004 ini terdiri atas dua lantai. Lantai bawah seluas 529 meter persegi, digunakan untuk ruang pertemuan yang disewakan, namun bagi jamaah yang ingin tidur sejenak dipersilahkan di ruang tersebut. Sedangkan lantai atas khusus digunakan untuk sholat dan tidak boleh digunakan untuk tiduran.

tangga-cheng-hoo

Ratusan sampai ribuan pengunjung datang kemasjid Cheng Hoo Pandaan dalam tiap minggunya. Untuk beribadah atau hanya sekedar mengabadikan Rumah Allah ini bersama keluarga dan kerabatnya.

Nama Masjid ini terinspirasi dari nama Laksamana Cheng Ho, seorang pelaut asal china yang beragama Islam. Cheng Ho melakukan penjelajahan dunia sebanyak tujuh kali dari tahun 1405 sampai 1433. Kapal-kapal Cheng Ho mengunjungi Nusantara, Thailand, India, Arabia, dan Afrika Timur. Bahkan ada beberapa spekulasi yang memperkirakan perjalanan kapal Cheng Ho jauh melampaui Semenanjung Harapan Afrika Selatan.Laksamana-Cheng-Ho

Baca Juga :   Hari Terakhir, Tak Ada Tanda-tanda Calon Independen Serahkan Berkas Dukungan

Cheng Ho punya andil dalam memperkuat penyebaran Islam di Nusantara, Cheng Ho membentuk komunitas muslim di Palembang, kemudian di Kalimantan Barat, dan kemudian juga membentuk berbagai komunitas serupa di pesisir Jawa, semenanjung Malaysia dan Pilipina.

Penasaran! untuk menyaksikan sekaligus melihat dari dekat Masjid Cheng Hoo, datang aja ke Pandaan, Pasuruan.(ryn/yog)