Diajak Saweran Dukung Prabowo – Hatta, PKL Pasuruan Belum Mau Tentukan Pilihan

536

deklarasi-pkl-pasuruanPasuruan (wartabromo) – Pedagang Kaki Lima Kota Pasuruan agaknya mulai cerdas untuk menentukan hak suaranya dalam Pilpres 2014 mendatang. Hal ini dibuktikan saat digelarnya acara Deklarasi Pemenangan Prabowo – Hatta oleh Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APLKI) di bawah pimpinan Ali Mahsun, Jumat (13/6/2014) di Pasar Besar Kota Pasuruan.

Lunfi, salah seorang pedagang cilok yang mengaku sudah 21 tahun menjadi Pedagang Kaki lima di Kota Pasuruan mengatakan, belum tentu menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo – Hatta, pasalnya dirinya masih ingin mengetahui visi misi Capres – Cawapres dalam acara debat kedua calon pemimpin tersebut nantinya.

“Belum ada pilihan, masih pengen lihat visi misinya di Debat. Kemarin saya juga sudah lihat,” ujar pedagang asal dukuh Sawahan Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan.

Baca Juga :   Setiyono Akui Sudah Terima Fee dari 7 Rekanan di 2018

Menurutnya, dirinya sudah cukup lama menjadi pedagang kaki lima  sehingga tahu persis dengan kampanye dan janji manis calon.

“Biasanya, kalo nanti da jadi. Kita ya tetap saja mas, digusur sana sini,” tambah pria yang mengaku baru saja diobrak oleh Satpol PP tersebut.

Lunfi sendiri datang ke acara Deklarasi APKLI Pasuruan – Probolinggo lantaran ada seseorang (tim sukses Prabowo – Hatta) yang memintanya untuk datang ke acara tersebut. Ia mengenakan kaos bergambar Prabowo – Hatta yang sempat dipakai terbalik depan belakangnya.

“Lho kebalik ta ini,” ujarnya yang dengan segera mencopot kaosnya untuk diperbaiki.

Berbeda dengan dirinya, Rukit, salah seorang pedagang es degan justru berharap mendapatkan bantuan uang saku dari pihak panitia. Ia pun segera bergegas mendekat panggung saat seorang pembawa acara meminta untuk tanda tangan di atas kain putih sekitar 6 meter.

Baca Juga :   Kejari Eksekusi Sekdes Watukosek, Setelah Kasasi Kasus Korupsi ADD Ditolak MA

Sayang, usai tanda tangan, pihak panitia justru menyodorkan kardus bekas air mineral kepada dirinya dan sejumlah pedagang lain untuk sumbangan sukarela sebagai bagian dari acara saweran gerobak PKL.

Anehnya, Rukit justru memilih naik ke atas panggung dan nyawer penyanyi dan berjoget bersama dengannya.

“Nyawer penyanyi aja,” ujarnya pada wartabromo usai turun panggung.

Untuk diketahui, Puluhan Pedagang Kaki Lima Pasuruan hadir dalam Deklarasi Pedagang Kaki Lima Untuk Pemenangan Prabowo – Hatta yang digagas oleh Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APLKI) di Pasar Besar Kota Pasuruan, Jumat (13/6/2014). Puluhan gerobak dipajang di sepanjang jalan depan pasar besar meski beberapa diantaranya kosong lantaran tak diisi dagangan oleh pemiliknya.

Baca Juga :   Angin Kencang dan Cuaca Panas Berlangsung Hingga Akhir September, Waspadai Kebakaran

Acara ini sendiri diisi dengan orasi oleh Ketua tim pemenangan Prabowo – Hatta Kota Pasuruan, Ahmad Zubaidi dan Ketua DPP APLKI, Ali Mahsun tersebut berlangsung singkat selama kurang lebih 1,5 jam.

“Saweran Gerobak PKL ini sukarela lho, tidak meminta sumbangan. Jangan diplintir meminta sumbangan, nanti bisa saya tuntut secara hukum,” ujar Ali Maksun pada wartabromo dengan nada sedikit mengancam.

Ia menegaskan jika dirinya sudah keliling ke sejumlah daerah di Indonesia untuk mendeklarasikan dukungan PKL pada Prabowo – Hatta dengan target sekitar 20 juta suara dari kalangan pedagang kaki lima.(yog/yog)