Jazz Gunung 2014 : Rintik Hujan, Dingin Bareng dan Nyanyi Bareng

251

jazz gunungProbolinggo (wartabromo) – Hujan rintik sempat membasahi panggung terbuka Java Banana Bromo tempat diselenggarakannya Jazz gunung 2014 di hari pertama, Jum’at (20/6/2014) kemarin.

Namun para penikmat Jazz dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara tersebut tak ingin beranjak dari tempat duduknya meski tetesan air hujan sempat mengenai jaket tebal para pengunjung.

Angin dingin mulai merasuk ke tulang, namun tiupan saxophone yang ditiup dari mulut wanita cantik Nicole Johanntgen dengan perpaduan musik Ring Of Fire Project pimpinan Djaduk Ferianto membuat suasana menjadi hangat.

Mereka bernyanyi sepoi di bawah atap langit dan dinginnya hembusan angin pegunungan Bromo di Desa Wonotoro Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo ini.

Satu persatu para performer ditampilkan melalui MC Butet Kartaredjasa dan dua temannya yang bikin pengunjung yang duduk di bangku tribun Amfiteater Java Banana Bromo dengan kapasitas 1500 orang tersebut selalu tertawa. Mereka ngocol, mengkritisi dan bikin gokil.

Jazz gunung adalah salah satu perhelatan musik yang sangat dinantikan sepanjang tahun. Digagas pertama kali pada tahun 2009 oleh Sigit Purnomo, Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto, jazz gunung selalu dibanjiri oleh para penikmat jazz dari berbagai daerah. Bahkan, penjualan tiket online pun ludes beberapa hari sebelum berlangsungnya acara.

“Sangat bagus sekali. Saya pertama kali datang ke sini. Ini bersama teman -teman dari Singapura,” ujar Broto Prawira Jaya, salah seorang penikmat Jazz asal Jakarta.

Menurutnya, dirinya cukup mencintai Jazz dan kerapkali menonton di berbagai event maupun pagelaran di Jakarta, namun jazz gunung merupakan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

jazz gunung bromo

“Ya, kalau bagi saya, ini murah ya. Asyik lah pokoknya, paduan musik jazz dengan alam” ujar Broto.

Dibuka dengan penampilan Gandrung Kemiren, perhelatan musik Jazz Gunung 2014 yang mengambil tema Sedekah Bumi Lewat Berbunyi tersebut menampilkan sejumlah performer diantaranya Monita Tahalea dan The Nightingales, Bintang Indrianto Trio, Ring of Fire featuring Nicole Johanntgen asal Jerman, Ligro Trio dan ditutup dengan penampilan The Overtunes.

wartabromo.com yang berkesempatan hadir dan meliput jazz gunung di hari pertama ini sangat kagum dengan tata panggung dan juga keasyikan para penikmat jazz yang hampir tak beranjak dari tempat duduknya untuk menyaksikan setiap performer tampil di atas panggung terbuka dan suhu yang cukup dingin itu.

Selain pengunjung pada umumnya. Tampak pula sejumlah artis terlihat ikut nimbrung dan menikmati jazz gunung ini seperti Ringgo Agus Rahman dan kekasihnya Sabai Morscheck.

Untuk hari Sabtu (21/6/2014) Jazz gunung 2014 akan menampilkan sejumlah performer lainnya yakni Jazz Ngisoringin, Indro Hardjodikoro dan The Fingers, Ring Of Fire Project Featuring Nicole Johanntgen, Nita Aartsen Quatro Feat Yeppy Romero dan ESQI : EF – Syaharani dan Queenfireworks. (yog/yog)