Hari ini, Jamaah Aboge Probolinggo Laksanakan Sholat Idul Adha

257

jamaah abogeProbolinggo (wartabromo) – Jamaah Islam Alif Rabo Wage (Aboge) yang tersebar di 7 Desa di 4 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo, hari ini, Senin (6/10/2014) baru melakukan Sholat Idul Adha 1435 Hijriyah. Salah satunya di Desa Leces Tengah  Kecamatan Leces, Probolinggo.

Puluhan jamaah bersiap melaksanakan Sholat Idul Adha tepat pukul 6.00 wib.  Tak ada perbedaan dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha ini meski pelaksanaannya berselang sehari dengan ketetapan pemerintah.

Jamaah Aboge ini perpedoman pada kitab Al – Mujarobah (Kitab Jawa Kuno) yang menyatakan jika hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Senin Pon (6/10/2014).

“Karena, perhitungan kami (Jamaah Aboge) hari raya Idul Adha jatuh pada hari Senin pon sekarang ini. Makanya, kami melakukan Sholat Idul Adha sekarang,”ujar Ustad Buri Bariyah Imam Sholat Idul Adha pada wartabromo.com.

Tahun ini menurut perhitungannya, lebaran Islam Aboge adalah Japatji, hari ke papat atau empat dengan pasaran siji atau satu.

“Karena pasaran itulah, kami melakukan Sholat Idul Adha untuk para jamaah Aboge se Kabupaten Probolinggo,”bebernya.
Di Kabupaten Probolinggo sendiri ada 7 desa di 4 kecamatan yang menganut Jamaah Islam Aboge. Yaitu di Kecamatan Leces, Kecamatan Dringu, Kecamatan Bantaran dan Kuripan yang mengikuti jamaah Aboge. (rhd/yog)