Kabupaten Pasuruan Jadi Sentra Lumbung Kedelai Nasional

794

panen kedelai pasuruanGempol (wartabromo) – Kabupaten pasuruan dijadikan sebagai salah satu sentra lumbung kedelai tingkat nasional menyusul daerah ini dinyatakan sebagai penghasil benih kedelai berkualitas tinggi di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Budidaya Aneka Kacang-Kacangan dan Umbi, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Maman Suherman di sela-sela kegiatan panen raya dan perluasan areal tanam (PAT) kedelai tahun 2014, di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Senin (6/10/2014).

“Tahun ini, Kabupaten Pasuruan menjadi sentranya kedelai tingkat nasional. Kabupaten Pasuruan setiap tahun selalu memberikan kontribusi banyak, baik kedelai, padi serta gandum di daerah tosari,” ujar Maman Suherman.

Menurutnya, pihaknya sangat mengapresiasi keberhasilan petani kedelai yang telah menghasilkan panen melebihi target nasional yakni sebesar 1,4 ton per hektar.

“Kami dari kementerian pertanian mengapresiasi usaha dan kerja keras para petani di kabupaten pasuruan,” ujarnya yang saat itu didampingi oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf untuk melakukan pemotongan tanaman kedelai, di areal tanaman kedelai seluas 97,8 hektar, atau sekitar 60% dari total 163 hektar lahan kedelai yang ada di Desa Ngerong Kecamatan Gempol.

Seperti diketahui, Kabupaten Pasuruan tahun ini memiliki lahan khusus kedelai seluas total 21.800 hektar, dengan rincian seluas 17.800 hektar adalah lahan murni ditanam kedelai, dan sisanya yakni 3000 hektar adalah perluasan lahan dari areal kacang-kacangan menjadi areal tanam kedelai.

Musim tanam kedelai sendiri dilakukan selama tiga kali dalam setahun. Untuk Supron I, Kabupaten Pasuruan hanya menghasilkan profitas 1,6 kwintal/hektar atau sama dengan target profitas Jawa Timur. Namun, pada Supron II yakni musim tanam mulai Maret-Juni lalu, Kabupaten Pasuruan mampu menaikkan profitas menjadi 2,1 kwintal/hektar.

Dinas pertanian Kabupaten Pasuruan berencana akan mentargetkan penambahan lahan seluas 1500 hektar untuk mencapai profitas sebesar 1,9 kwintal/hektar.

Selain Desa Ngerong Kecamatan Gempol, untuk tahun ini, Sebanyak 11 kecamatan secara serentak juga mulai menghitung besaran panen kedelai yang ditanam dalam Supron III sejak 3 bulan lalu. Sebelas kecamatan tersebut di antaranya Gempol, Rembang, Pohjentrek, Kraton, Sukorejo, Beji, Purwosari, Purwodadi, Kejayan, Wonorejo, serta Kecamatan Pasrepan. (eml/yog)