Bertemu di Rumah Makan Jelang R-APBD 2015, Komisi III dan SKPD Dipertanyakan

575
komisi 3 dprd pasuruan
Suasana pertemuan antara komisi III DPRD Kab. Pasuruan dengan sejumlah Kepala SKPD di RM Nikmat Rasa, Senin (3/11/2014) / yogie / wartabromo.com

Kraton (wartabromo) – Pertemuan yang diberi label temu kenal antara Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan dengan sejumlah Kepala SKPD di Kabupaten Pasuruan di luar gedung DPRD patut dipertanyakan terutama menjelang pelaksanaan pembahasan R-APBD 2015.

Direktur LSM Pusat advokasi dan Kebijakan Publik, Lujeng Sudarto mengatakan, pertemuan yang dilakukan oleh sejumlah anggota DPRD yang tergabung dalam komisi III bidang pembangunan tersebut secara akuntabilitas patut dipertanyakan pertanggungjawabannya.

“Pertemuan ini kan akan memunculkan alasan publik terkait adanya konspirasi, kongkalikong dan sebagainya,” ujar Lujeng.

Menurutnya, pertemuan seperti yang terjadi di Rumah makan Nikmat Rasa mungkin saja juga dilakukan ditempat lain dan tidak diketahui oleh media atau publik. Pasalnya, jika dilihat dari Dinas-dinas yang terlibat mereka semua berkaitan dengan pembangunan fisik seperti Dinas Cipta Karya, Pengairan dan sebagainya.

Baca Juga :   Terobos Perlintasan di Jorongan, Xenia Dihantam KA Sri Tanjung

“Mendekati pembahasan R-APBD ini jelas ini salah satu posisi tawar. Agar proyek bisa diatur masuk ke basis -basis konstituen dan sebagainya. Makanya R-APBD kerapkali molor. Itu bukan karena persoalan administrasi tapi transaksi,” tegasnya.

Seharusnya menurutnya, jika terkait hal-hal yang berkaitan dengan kedinasan antara eksekutif dan legislatif sebaiknya dilakukan di gedung DPRD sehingga prinsip good goverment meliputi transparansi akuntabitas dan partisipasi tetap bisa terjaga dengan baik.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan Rusdi Sutedjo yang memimpin pertemuan saat dikonfirmasi menegaskan, jika kegiatan tersebut diketahuinya hanya sekedar temu kenal lantaran mendapatkan usulan dan masukan dari sejumlah anggota komisi.

“Sekedar temu kenal, karena usulan dari teman-teman yang belum kenal dengan mitra. Kalau di dewan kan gak nglumpuk,” ujar Rusdi Sutedjo saat ditemui wartabromo usai acara.

Baca Juga :   Dalam Hitungan Menit, Belasan HP Digondol Maling

Menurut pria asal F-Gerindra yang baru pertama kali duduk sebagai anggota DPRD ini, tidak agenda khusus dalam pertemuan tersebut namun hanya sekedar perkenalan dengan Kepala SKPD saja.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pimpinan dan sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan menggelar pertemuan di Rumah makan Nikmat Rasa di jalan raya Kraton-Pasuruan, Senin (3/11/2014) siang.

Mereka menggelar pertemuan di ruang VIP rumah makan tersebut dan dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPD seperti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Agung Mariyono, Kepala Dinas Pengairan dan pertambangan, Misbah Zunif, Kepala PU dan Binamarga, Hari Aprianto, Kepala Dinas Perhubungan, Heri Yitno dan Kepala BLH, Abdul Munif.

Dari pihak Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan tampak hadir, Ketua Komisi III, Rusdi Sutedjo, Wakil Ketua Komisi, Ichwan, anggota Komisi Samsul Hidayat, Subrianto dan Yusuf Daniyal yang nota bene Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Pasuruan. Sementara, Eko Suyono (sekretaris Komisi) dan Nik Sugiharti tak tampak hadir dalam acara ini. (yog/yog)