‘Petani Pintar di Pasuruan Bisa Kaya’

212

tanam padi warmo 2Pasuruan (wartabromo) – Siapa bilang, profesi petani itu membuat orang menjadi miskin?. Banyak Ketua Kelompok Tani di wilayah Kabupaten Pasuruan justru dikenal sangat kaya lantaran Sumber Daya Manusia (SDM) dirinya selalu di-upgrade dan kian mengetahui potensi alam yang dimiliki oleh Kabupaten Pasuruan.

“Saya bisa ajak kamu keliling ke kelompok-kelompok tani di Kabupaten Pasuruan. Mereka semua sudah sukses dan kaya karena kepintarannya,” tutur Adjib Ikvan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua KTNA Jawa Timur tersebut.

Ditegaskannya, para petani yang sudah mengenyam kesuksesan tersebut rata-rata adalah para petani yang sudah berpengalaman dan mampu mengelola Sumber daya alam yang ada. Selain juga, perhatian dari Pemerintah baik Pusat maupun daerah yang sangat melimpah kepada para petani yang sudah memiliki kelompok-kelompok tani tersebut.

“Kalau SDM-nya waras, enak-enak semua. Lha Pasuruan ini kaya,” katanya.

Diakuinya, saat ini, para petani sangat dimudahkan dengan banyaknya kucuran bantuan dari Pemerintah menuju program swasembada pangan di Indonesia. Bahkan, tahun ini diperkirakan ada kenaikan anggaran untuk diperbantukan kepada petani.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, untuk tahun 2015, anggaran yang dikuncurkan di bidang pertanian mencapai Rp 16 Miliar yang berasal dari APBD dan Bantuan Khusus Propinsi.

“Sekarang tinggal proses kontrol dan pengawasannya saja,” terangnya. (yog/yog)