Tuntut Dipenuhi Haknya, Puluhan Buruh PT Patrinsaka Mogok Kerja

1300

demo-buruh-parinsakaGempol (warta Bromo) – Puluhan buruh pabrik roti, PT Patrinsaka yang berlokasi  di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol menggelar aksi mogok kerja dengan mendirikan tenda tepat di depan pintu masuk pabrik, Kamis (5/3/2015) siang.

Mereka menuntut agar menejemen pabrik membayar gaji buruh kontrak yang sudah bertahun-tahun bekerja sesuai ketentuan UMK yang telah ditetapkan.

Pantuan wartabromo.com di lokasi, sambil membawa spanduk dan poster berisi tuntutan, para buruh kontrak yang berjumlah 36 orang ini mendesak agar mereka dipenuhi hak-hak normatifnya. Selain itu, meraka juga meminta agar pihak pabrik mempekerjakan kembali 12 orang buruh lainnya yang di-PHK sepihak oleh perusahaan.

“Selama ini kami hanya digaji 1,4 juta rupiah perbulannya,” ujar Sulaiman, salah seorang buruh.

Para buruh ini mendesak agar hak-hak buruh seperti hak cuti tahunan,cuti haid dan Tunjangan Hari Raya (THR) diberikan sebagaimana mestinya. Pasalnya, selama ini, mereka mengaku tidak pernah menikmatinya.

Untuk diketahui, PT Patrinsaka sempat masuk dalam daftar 15 perusahaan nakal di Jawa Timur yang tidak memenuhi haknya membayar tunjangan hari raya pada karyawannya.

“Jika tuntutan tak dipenuhi, aksi mogok kerja ini akan terus kami lakukan,” teriak salah seorang buruh.

Meski belum memuaskan para buruh, sempat dilakukan negosiasi antar perwakilan perusahaan dengan para buruh yang difasilitasi oleh pihak Dinas terkait. (bib/yog )