Karapan Sapi Wonorejo Dapat Jatah Anggaran Pemerintah

1581

image

Pasuruan (wartabromo) – Dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke -70, Pemerintah Kecamatan Wonorejo menyelenggaran lomba karapan sapi, Selasa (18/8/2015) siang.

Acara yang digelar di Lapangan Desa Sambisirah Wonorejo tersebut diikuti oleh sebanyak 16 peserta.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD kabupaten Pasuruan, Sobih Asrori, acara karapan sapi ini sudah dilaksanakan turun temurun di Kecamatan Wonorejo yakni di lapangan Wonorejo yang berdekatan dengan kantor Kecamatan.

Namun untuk pertama kalinya, acara tersebut kini digelar di Lapangan Sambisirah Wonorejo menyusul rencana pemerintah daerah untuk merevitalisasi lapangan wonorejo menjadi alun – alun.

Yang menarik, selama bertahun – tahun diselenggarakan oleh masyarakat, baru tahun ini lomba karapan sapi yang biasa digelar setiap hari raya ketupat ini mendapatkan anggaran khusus dari pemerintah daerah.

“Baru tahun ini acara karapan sapi mendapat jatah anggaran dari pemerintah” lanjut Sobih yang enggan menyebutkan nilai nominalnya.

Menurutnya, sebagian warga Wonorejo adalah asli dari Madura sehingga sangat menyukai tradisi lomba karapan sapi tersebut.

Pantauan wartabromo, Karapan sapi yang juga diselingi hiburan orkes dangdut ini dihadiri oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Lomba karapan sapi ini memperebutkan hadiah utama 2 unit televisi berwarna dari Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. (egy/yog)