Sering Gagal Panen, Petani Tambak Bangil Urunan Bangun Tanggul

504

image

Bangil (wartabromo) – Warga Kelurahan Kalianyar Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan melakukan peninggihan tanggul sepanjang 2 kilo meter untuk menghindari luapan banjir yang mengancam hektaran lahan tambak milik warga.

Peninggihan tanggul tersebut dilakukan atas inisiatif dan swadaya warga lantaran sudah dua tahun belum ada perhatian dari pemerintah untuk melakukan pembenahan tanggul tersebut.

“Kami lakukan peninggian tanggul kali kedunglarangan ini agar banjir tidak meluap dan berharap nanti bisa melakukan pemanenan,” tutur Heri Hariyanto salah seorang pemilik tambak di wilayah kalinyar.

Menurutnya, selama dua tahun warga tidak dapat melakukan pemanenan tambaknya karena jika saat musim hujan ribuan hektar tambak tersebut selalu tenggelam imbas banjir dari Sungai Kedunglarangan.

Peninggian tanggul sepanjang 2 kilo meter dan dengan ketinggian 1 hingga 3 meter itu dilakukan secara urunan oleh warga.

“Peninggihan tanggul tersebut dari urunan warga yang memiliki tambak, kalau tidak dilakukan peninggihan, kami takut banjir nanti merendam dan merusak tambak kami,” tutur Heri.

Warga hanya berharap pemerintah memberikan bantuan karena tiap tahun banjir tersebut merendam ribuan hektar tambak yang menyebabkan petani gagal panen. (arf/yog)