Tim SEHAT Temukan Banyak DPS Ganda

388

Pasuruan (wartabromo) – Tim Sukses pasangan nomor urut 2 Pilwali Pasuruan, Setiyono-Raharto Teno Prasetyo (SEHAT) menemukan banyak daftar pemilih ganda yang ada di dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil rekapitulasi KPU. KPU diminta bekerja keras melakukan validasi sebelum DPS tersebut ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Tim Sukses pasangan SEHAT, Akhmad Zubaidi, menyebut berdasarkan audit yang dilakukan anggotanya, hampir di semua TPS terdapat daftar pemilih ganda. Banyak juga pemilih yang sudah meninggal tapi namanya muncul.

“Nama-nama kembar. Ada yang kembar dua sampai empat nama. Ada yang orangnya sudah meninggal, tapi namanya muncul tiga kali,” kata Ahmad Zubaidi di Posko Pemenangan SEHAT, Jalan Pahlawan Kota Pasuruan, Senin (7/9/2015).

Politisi Partai Gerindra ini mendesak KPU melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diapendukcapil) dalam validasi tersebut karena data valid terkait penduduk Kota Pasuruan berada di kedua dinas tersebut.

“Kami minta masalah DPT ganda ini sudah selesai sebelum penetapan DPT,” pungkasnya.

KPU maupun Panwaslih kalem menanggapi temuan tersebut. Keduanya berpegang pada tahapan yang sudah ditetapkan. “Kita Masih melakukan pendistribusian DPS ke masing masing PPS. Selanjutnya menunggu respon dari masyarakat terkait dengan hasil rekapitulasi DPS tersebut,” kata Fuad Fatoni.

Ketua Panwaslih, M Anas, mengatakan pihaknya akan menunggu proses sosialisasi DPS oleh KPU. Setelah sosialisasi akan dilakukan koreksi. (fyd/fyd)