Jumlah Jamaah Haji Kota Pasuruan Menurun

613
Seorang bocah tengah digendong pamannya untuk melepas keberangkatan orang tuanya ke Tanah Suci/ Harjo Suwon/ Warta Bromo.com

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 274 calon Jamaah Haji Indonesia (JHI) asal Kota Pasuruan diberangkatkan oleh Walikota Pasuruan, Hasani dari depan Masjid Jami’ Al Anwar Kota Pasuruan, Selasa (8/9). JHI asal Kota Pasuruan tersebut akan terbang dari Embarkasi Juanda, Surabaya dalam penerbangan kloter 44, pada Rabu (9/9) pukul 16.00 WIB.

Namun keberangkatan JHI asal Kota Pasuruan tahun ini, mengalami penurunan drastis dibanding Tahun 2015 lalu.

“Yang berangkat sebanyak 274 orang. Memang menurun dibanding tahun lalu yang lebih dari 400 jamaah haji,” kata Hasani, Walikota Pasuruan, seusai  melepas keberangkatan JHI.

Penurunan jumlah CJH ini bukan hanya dialami oleh asal Kota Pasuruan saja. Tapi juga dialami oleh daerah lain. Pasalnya pemerintah Arab Saudi mengurangi jatah quota JHI, karena Masjidil Haram tengah direnovasi.

Baca Juga :   Ratusan Pentakziah Iringi Pemakaman Kepala MA At - Taqwa Cabean

Selain penurunan jumlah, juga diketahui banyak jamaah haji asal daerah lain yang melakukan mutasi masuk.

“Mutasi masuk memang banyak, sekitar 100 jamaah. Tapi itu sudah menjadi hak para jamaah yang menginginkannya dan sudah sesuai mekanisme,” ujar Hasani.

JHI asal Kota Pasuruan yang dipimpin Ketua Rombongan, Makmur Salim, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan ini, sebelum berangkat ke Tanah Suci, akan bermalam lebih dahulu di Asrama Haji Sukoliloo, Surabaya. (hrj/hrj).