Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI Dengan Semangat Sumpah Pemuda

3751

eviPasuruan (wartabromo) – Menjelang akhir  masa sidang kali ini, Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Evi Zainal Abidin, BComm melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di daerah pemilihannya, Jatim II, Rabu (28/10/2015). Sosialisasi ini terasa istimewa karena bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.

Dengan mengobarkan semangat Sumpah Pemuda, Mbak Evi, demikian legislator cantik ini biasa disapa, berusaha untuk membangkitkan rasa persatuan dengan mengajak hadirin menyanyikan lagu “Tanah Airku“ dengan syahdu dan sangat menghayati. Spontan saja para hadirin mmengikutinya sambil menitikkan airmata.

“Selaras dengan hakikat Sumpah Pemuda, rasa kebangsaan begitu penting untuk dihidupkan dan dikobarkan kembali guna menanamkan rasa cinta tanah air. Terlebih lagi kegiatan sosialisasi 4 pilar ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam orang dari berbagai suku, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat yang berbeda-beda sehingga sangat tepat sebagai sarana penguatan rasa cinta tanah air”, begitu Mbak Evi mengawali paparannya.

Menurut Mbak Evi, ada tiga hikmah penting yang terkandung dalam memperingati hari Sumpah Pemuda. Pertama, jiwa Sumpah Pemuda adalah cermin dari sebuah tekad yang menggelora dan cinta terhadap bangsa dan negara, demi mencapai satu tujuan yaitu kemerdekaan bangsa Indonesia. Kedua, Sumpah Pemuda menjadi pengingat untuk kita semua bahwa keberadaan dan kedudukan kita dalam berbangsa dan bernegara adalah sama, tidak ada yang dianak-tirikan, diabaikan, dikucilkan dan bahkan diperlakukan tidak adil. Ketiga, Indonesia adalah milik kita bersama bukan milik golongan, individu, suku, ras ataupun agama. Bangsa Indonesia telah berikrar bahwa kita berbeda-beda tetapi tetap satu itulah Bhinneka Tunggal Ika.

“Kemerdekaan yang telah kita dapatkan memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa untuk  menjadi lebih baik, maju, bermartabat  dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, “ lanjut Mbak Evi mantab.

Dengan diselingi canda tawa, ia menambahkan, “Siapa sih yang tidak bangga lahir dan besar sebagai anak bangsa Indonesia, lihatlah kita yang hadir disini, semua mempunyai semangat yang tinggi dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, cantik-cantik dan tampan-tampan lagi…” ujarnya disambut gelak tawa hadirin. (*)