Polisi Amankan Gereja

303
Foto: Ilustrasi (wartabromo)

Pasuruan (wartabromo) – Jajaran Polisi Resort Kota Pasuruan, mensterilkan gereja-gereja yang ada di wilayah hukumnya, untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kenyamanan umat nasrani dalam menjalankan ibadah Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Sebanyak 16 gereja di wilayah hukum Polresta Pasuruan, akan diperiksa satu per-satu dengan menggunakan alat deteksi logam pada Rabu (23/12/2015) pagi.

“Gereja disterilkan. Semua penjuru gereja akan diperiksa dengan cermat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kami ingin umat nasrani menjalankan ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru dengan khusyuk,” kata Kapolresta Pasuruan, AKBP Yong Ferry Djon, Selasa (22/12/2015).

Pengamanan dan menstrilkan gereja-geraja, akan dilakukan polisi sejak Rabu (22/12) pagi. Setelah mendeteksi sudut-sudut gereja, polisi akan menempatkan personilnya untuk menjaga keamanan.

“Di setiap gereja akan ditempatkan sebanyak 20 hingga 30 personil dari kepolisian. Itupun juga masih ditambah dengan personil dari kepolisian yang patroli. Minimal personil yang disiapkan dari kepolisian sebanyak 350 orang,” terang Kabag Operasional Polresta Pasuruan, Kompol Sutiswono.

Selain dari kepolisian, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, jajaran TNI juga akan terlibat langsung. Polri dan TNI akan bahu membahu mengamankan ibadah umat nasrani tersebut.

“Pengamanan dimulai Rabu (23/12/2015) hingga 3 Januari 2016 nanti. Semua pengamanan dilakukan sesuai prosedur untuk menjaga kondusifitas daerah dan umat nasrani bisa beribadah dengan hidmat,” tegas AKBP Yong Ferry Djon. (hrj/hrj)