Ratusan Buruh Lurug Kantor Pemkab Pasuruan

667
buruh
ilustrasi / dok. wartabromo

Pasuruan (wartabromo) – Ratusan buruh korban PHK sepihak oleh sejumlah perusahaan melurug kantor Pemkab Pasuruan, Kamis (7/1/2016).Mereka mendesak agar pihak pemerintah daerah setempat memberikan perlindungan hukum atas tindakan sepihak yang dilakukan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Pantauan wartabromo di lokasi, para buruh dari sejumlah perusahaan seperti PT Rending Plastik Surabaya, PT Halim Jaya Sakti Gempol, PT Soedali Sejahtera Pandaan dan PT Tirtadjaya Adi Perkasa Pandaan mendatangi kantor Pemkab Pasuruan di Jalan hayam wuruk Kota Pasuruan sekira pukul 10.00 Wib.

Para buruh yang mengendarai sepeda motor tersebut sebelumnya sempat dilarang untuk memasuki kantor Pemkab. Namun setelah dilakukan negosiasi dengan petugas kepolisian dan Satpol PP yang berjaga di pintu masuk. Mereka diperkenankan untuk memasuki komplek kantor Pemkab.

Baca Juga :   3 Anggota KPU Tes Kesehatan, Rekap Ulang Dimulai Siang

Sejumlah perwakilan buruh pun dipersilahkan untuk menemui Bupati Pasuruan untuk menyampaikan tuntutannya.

Aksi para buruh dari sejumlah perusahaan bermasalah tersebut dipicu lantaran kasus yang berlarut – larut antara menjemen perusahaan dengan para buruh mulai dari PHK sepihak hingga terkait upah dan BPJS.

Meski berlangsung tertib dan aman namun aksi buruh ini mendapatkan pengawalan ketat dari apara kepolisian resort Pasuruan Kota. (yog/yog)