Peserta Banyak yang Tua, Rute Gerak Jalan Tempo Doeloe SKPD Diperpendek

1475

Winongan (wartabromo) – Untuk kedua kalinya Pemkab Pasuruan menggelar Gerak Jalan Tempo Doeloe. Kegiatan yang diikuti para kepala SKPD, camat dan para guru ini diharapkan mampu menjadi pelecut semangat kerja.

Gerak jalan mengambil start di Lapangan Desa Bandaran, Kecamatan Winongan dan finish di Pemandian Alam Banyu Biru, Selasa (30/8/2016), dilepas oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Gerak Jalan Tempo Doeloe adalah agenda rutin dalam rangka memperingati HUT RI yang bertujuan untuk mengenang masa-masa perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan maupun mempertahankan kemerdekaan.

“Kegiatan ini kita gelar supaya peserta bisa flashback akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” kata Bupati Irsyad dalam sambutannya.

Baca Juga :   Soroti Perijinan, Gus Mujib Sidak Lagi

Jumlah peserta gerak jalan ini sebanyak 169 peserta. Mereka berasal dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), staf kecamatan, guru dan UPT, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Masyarakat (Ormas), hingga para pelajar SMP/SMA/SMK/MA Negeri Swasta se-Kabupaten Pasuruan.

“Antusiasme peserta tahun ini juga lebih tinggi, karena terbukti meningkat bila dibanding dengan tahun lalu. Begitu juga dengan kostum yang dipakai juga lebih beragam. Kebanyakan peserta kompak mengenakan kostum yang bertemakan perjuangan, seperti kostum Sakera Madura, kostum adat Bali, hingga ada beberapa peserta yang lengkap membawa bambu runcing sebagai hiasan dalam gerak jalan,” terang ketua panitia Iswahyudi.

Kepala Dinas Pendidikan ini mengatakan gerak jalan melewati rute sejauh 2,5 KM, dari Lapangan Desa Bandaran dan finish di depan Pemandian Alam Banyubiru.

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Kekurangan 5 Ribu ASN

Dijelaskannya, rute untuk tahun ini lebih pendek dari tahun lalu yakni 5 Kilometer.

“Pesertanya banyak yang usianya di atas 40 tahun,” pungkasnya.(mil/fyd)