Ratusan Sapi Ikut Kontes Ternak di Purwosari

1045

Purwosari (wartabromo) – Untuk menjaring bibit ternak unggul sebuah kontes peternakan melibatkan ratusan hewan ternak digelar di Purwosari. Kontes ini digelar di Lapangan Martopuro, Purwosari mulai 29 hingga 31 Agustus.

Kontes ini kontes diikuti peserta dari peternak atau kelompok peternak, dinas-dinas, UPT, swasta, perusahaan sarana produksi peternakan, industri pengolahan hasil peternakan dan pangan, usaha pengolahan ternak dan hasil ternak skala rumah tangga hingga perguruan tinggi.

Kontes ternak ini terbagi dalam dua kategori. Pertama kategori sapi potong, sapi perah dan kambinng.

“Sekitar 100 sapi baik sapi perah maupun sapi potong dan sekitar 90 ekor kambing dikonteskan,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, Bambang Hariyanto, Selasa (30/8/2016).

Baca Juga :   Koalisi Seratu Tuntut Proyek Umbulan Dihentikan

Bambang mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat masyarakat mengembangkan usaha peternakan. Dengan kegiatan ini, dinas juga berharap bisa menjaring ternak bibit yang berkualitas.

Selain itu, sebut Bambang, juga bisa terjadi kesepakatan usaha bisang peternakan antar peternak, koperasi dan swasta dan berwawasan industri.

“Pastinya akan bisa membuka peluang pasar dengan memperluas distribusi dan memperpendek rantai perdagangan serta meningkatkan nilai jual produk unggulan,” jelas Bambang. (fyd/fyd)