Jamaah Calon Haji Kloter 60 Pasuruan Diberangkatkan

252
Ratusan jamaah yang menaiki 10 bus dilepas oleh Bupati Irsyad Yusuf dari Kompleks Perkantoran Pemkab Pasuruan, Raci, Bangil, Kamis (1/8/2016). WARTABROMO/Gesang A Subagyo

Bangil (wartabromo) – Sebanyak 422 jamaah calon haji Kabupaten Pasuruan yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 60 Embarkasi Juanda diberangkatkan dari Kompleks Perkantoran Pemkab Pasuruan, Raci, Bangil, Kamis (1/8/2016). Ratusan jamaah menaiki 10 bus dilepas oleh Bupati Irsyad Yusuf.

Total jamaah calon haji Kabupaten Pasuruan sebanyak 863 orang. Mereka terbagi dalam dua Kloter. Kloter 60 berangkat hari ini, sedangkan Kloter 61 berangkat besok, Jumat (2/8).  Para jamaah ini akan menginap semalam di Asrama Haji Sukolilo dan akan berangkat sehari kemudian.

Dalam arahannya, Irsyad Yusuf meminta para jamaah benar-benar menjaga kesehatan karena ibadah haji membutuhkan stamina yang prima. Faktor cuaca jadi tantangan berat bagi para jamaah.

“Ibadah haji tak seperti ibadah yang lain, harus didukung kemampuan fisik. Semoga bapak ibu sehat dan bisa menjalankan ibadah haji dengan khusyu,” kata Irsyad.

Selain tantangan cuaca, ibadah haji juga menguji kesabaran apalagi yang berangkat suami-istri. “Untuk suami-istri kesabarannya diuji betul,” jelasnya. Ujian yang dimaksud adalah godaan untuk melakukan hubungan suami-istri.

“Bapak ibu juga harus saling menolong, bukan hanya sesama kloternya tapi kepada semua jamaah yang membutuhkan pertolongan,” pungkas Irsyad.

Pelepasan ini dihadiri ratusan keluarga jamaah, para pejabat Pemkab Pasuruan, tokoh masyarakat dan tokoh agama. (fyd/fyd)