Bupati Impikan Ada Sport Center di Kejayan

1149

Pasuruan (wartabromo) – Keberadaan gelanggang pacuan kuda Ki Ageng Astro Joyo, berkelas nasional di Desa Cobanjoyo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, menumbuhkan optimisme akan masa depan olah raga berkuda. Di gelanggang bekas tambang ini, berbagai kejuaraan lokal, regional dan nasional sudah digelar.

“Olah raga berkuda Kabupaten Pasuruan punya potensial dikembangkan. Kita sudah punya sirkuit, punya peternak kuda dan pecinta kuda,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Rabu (7/9/2016).

Irsyad menyatakan ke depan ia ingin ada sport center di sekitar gelanggang pacuan kuda. Selain pacuan kuda, kata dia, masyarakat bisa menikmati fasilitas olah raga yang lain.

“Bisa dibangun kolam renang dan sarana olah raga lainya di sini,” jelasnya.

Baca Juga :   Ribuan Massa Tumplek Blek Dukung Pasangan Sehat

Gelanggang di Cobanjoyo ini memiliki panjang lintasan 1.200 meter dengan lebar 25 meter tersebut merupakan yang terpanjang di Indonesia. Gelanggang yang dibangun di lahan seluas 10 hektar ini merupakan buah reklamasi tambang galian C (sirtu).

Gelanggang ini sudah menjadi tuan rumah beberapa perhelatan mulai tingkat provinsi hingga nasional di antaranya Pordasi Cup tingkat Nasional pada Desember 2014, Bupati Cup, Menpora Cup hingga Indonesia Derby 2015. Terakhir Bupati Cup dalam rangka HUT ke-1087 digelar di gelanggang ini diikuti 143 ekor kuda. (fyd/fyd)