Dinas Peternakan Usul Bangun RPH Modern di Nguling

1110

Nguling (wartabromo) – Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan kembali berencana akan membangun Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Modern di Nguling.

Kepala UPT RPH Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, Imam Irwanto mengatakan, pihaknya telah mengusulkan besaran anggaran untuk penambahan fasilitas di UPT RPH Nguling supaya konsepnya menjadi lebih modern, yakni sekitar Rp 450 juta pada R-APBD 2017.

“Kita berdoa semoga saja usulan tersebut disetujui, mengingat kebutuhan di RPH yang juga sangat banyak. Baik pada saat pemotongan hewan qurban maupun pemotongan hewan untuk kepentingan yang lain,” terangnya.

Diakuinya, RPH nguling memang belum bisa dikatakan RPH modern, mengingat masih belum banyak sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung layaknya RPH modern.

Baca Juga :   Soal 4 Tahanan Kabur, Polisi Baru Tahu saat Ganti Piket

RPH Nguling sendiri memiliki luas lahan yang cukup representative, yakni 800 meter persegi dan sampai saat ini hanya 4-% dari luas lahan tersebut yang dimanfaatkan untuk kepentingan RPH.

“Kita masih memanfaatkan bagian depan saja. Oleh karena itu, semoga saja usulan ini akan direalisasikan, sehingga anggarannya bisa langsung digunakan untuk rehab kantor, karena selama ini, penggunaan kantor digunakan setelah proses pemotongan hewan selesai dilakukan, jadi kayak sulapan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk RPH Modern yang ada di Wonorejo, pembangunannya sudah akan selesai pada akhir tahun 2016 dan dapat dimanfaatkan pada awal tahun 2017 mendatang.

“Kalau kita sesuaikan dengan Undang-Undang nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan, maka diharapkan dapat dibangun RPH yang modern. Sekarang kita punya 10 RPH, dan baru dua yang akan modern,” jelasnya. (mil/yog)