Aqua Pandaan Siapkan 30 Ribu Tanaman Untuk Reboisasi Lereng Arjuna

1143

Prigen (wartabromo)- Sebagai langkah awal persiapan reboisasi kawasan hutan penyangga air, PT Tirta Investama Aqua Pandaan bersama Yayasan Satu Daun dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bumi Lestari Mulyorejo didampingi Perhutani melakukan survey lokasi di kawasan gunung Arjuno, Senin (21/11/2016).

Tim yang beranggotakan 10 orang tersebut menyisir beberapa tempat yang akan ditanami tanaman untuk konservasi air pada bulan Desember mendatang.

Perwakilan PT Tirta Investama Aqua Pandaan, Wibi, mengungkapkan, kegiatan reboisasi penanaman dikawasan hutan gunung Arjuna adalah bentuk dan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR), selain kepedulian terhadap dunia pendidikan dilingkungan PT Tirta Investama Pandaan.

IMG-20161122-WA0037Pemilihan lokasi penanaman dikawasan perhutani lereg gunung Arjuna karena lokasi tersebut merupakan daerah resapan air yang perlu di reboisasi.

“Rencananya kita akan tanam 30 ribu tanaman baru dari 100 jenis pohon” ungkap Wibi.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Satu Daun, Diono, mengatakan, pihaknya selaku pihak kedua telah menyiapkan 30 ribu tanaman baru dari berbagai jenis seperti, Doanraranta beringin, Bebdi, Sukun, Kluweh serta tanaman lain yang efektive untuk konservasi air.

“Kita sudah siapkan bibit dan siap ditanam dengan luas 20 ha hanya di kawasan gunung Arjuna” papar Diono.

Ketua LMDH Bumi Lestari Mulyorejo, Kasiman, mengaku senang dengan rencana reboisasi dikawasan gunung Arjuna.

Diakui Kasiman, puluhan tahun kawasan gunung Arjuna tidak tersentuh progam reboisasi. Bencana kebakaran dan tanaman yang rapuh oleh usia membuat hutan dilereng gunung Arjuna gundul dibeberapa lokasi.

Hal ini sangat memprihatinkan dan dalam jangka panjang akan mempengaruhi debet air dan bagi kehidupan manusia.

“Sudah lama tidak ada kegiatan konservasi dilereng Arjuno ini. Kami sangat berterima kasih dengan program PT Tirta Investama ini,” aku Kasiman.

Disisi lain, Petugas perhutani dari RPH Dayurejo, Soleh, mengaku saat ini dari 99 petak terdapat 3 titik lahan sporadis akibat pohon lapuk dan perlu adanya peremajaan tanaman. Program CSR PT Tirta investama Pandaan membantu perhutani dengan turut menjaga kelestarian alam.

“Rata-rata karena tanaman di gunung Arjuna ini lapuk roboh karena usia” papar Soleh.

Dalam kesempatan ini, rombongan juga meninjau tanaman yang ditanam PT Tirta Investama Pandaan ditahun 2014 lalu. Sebanyak 70 ribu tanaman dari berbagai jenis tanaman yang ditanam tahun 2014, 60 ribu telah tumbuh dengan ketinggian bervariasi, antara 1-4 meter. (*/**)